KPUPadang PanjangSumatera Barat

KPU Padang Panjang Sosialisasi Pemilu 2024 di Bancalaweh, Ada Doorprize dan Ajo Buset

267
Kpu Padang Panjang Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 Di Bancalaweh
KPU Padang Panjang Gelar Sosialisasi Pemilu 2024 di Bancalaweh. (f/kominfo)

Mjnews.id – Usai senam bersama di Lapangan Bancalaweh, Komisi Pemilihan Umum/KPU Kota Padang Panjang adakan Sosialisasi Pemilu 2024, Minggu (24/12/2023).

Sosialisasi tersebut dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, dan dihadiri Forkopimda beserta kepala OPD.

Sonny mengapresiasi kegiatan sosialisasi pemilu ini karena sangat penting bagi masyarakat. Acara ini bisa meningkatkan literasi pemahaman dan pengetahuan dalam mewujudkan pesta demokrasi.

Melalui pesta demokrasi ini, sebutnya, masyarakat menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin negara, wakil rakyat dan pemimpin daerahnya.

“Kita berharap semua orang harus memahami terkait pesta demokrasi ini. Sehingga dia mampu memberikan pilihannya atau menjatuhkan pilihannya secara cerdas, rasional dan bijak. Tidak golput dan tidak terpengaruh dengan politik uang,” papar Sonny.

Selain itu, ia mengimbau masyarakat Padang Panjang agar berbondong-bondong ke TPS pada 14 Februari 2024. Karena satu suara akan menentukan masa depan bangsa.

Sementara itu Plh. Ketua KPU Padang Panjang, Masnaidi menyampaikan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan berpartisipasi untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Dikatakannya, pada 2019 lalu, partisipasi masyarakat Padang Panjang dalam pemilihan yaitu 82 persen. Sudah melebihi target nasional. Untuk 2024 persentase nasional berkisar 81,5 persen, tentu ini harus dicapai dan ditingkatkan.

Perlu diketahui, sampai saat ini jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Padang Panjang 43.482 yang tersebar di 196 TPS. Satu TPS khusus di Rutan Kelas IIB. Daerah pemilihan ada 2, Padang Panjang 1 dan Padang Panjang 2. Partai politik berjumlah 18 partai.

Ada lima surat suara. Surat suara 1 untuk capres dan cawapres warna abu-abu. Warna kuning untuk DPR RI. Merah untuk DPD RI. Biru DPRD Provinsi. Hijau DPRD Padang Panjang.

“Jadi nanti masyarakat akan mencoblos lima surat suara dan dimasukkan ke dalam kotak suara sesuai dengan warna kotaknya,” jelas Masnaidi.

Ia mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2024. “Mari kita sama-sama ke TPS pada 14 Februari 2024,” ajaknya.

Kegiatan sosialisasi juga dihibur artis lokal Minang, Ajo Buset dan dimeriahkan dengan doorprize.

Exit mobile version