Padang PanjangSumatera Barat

Gebyar Kreativitas Literasi Tumbuhkan Minat Baca Anak di Usia Dini

194
×

Gebyar Kreativitas Literasi Tumbuhkan Minat Baca Anak di Usia Dini

Sebarkan artikel ini
Asrul saat membuka kegiatan Gebyar Kreativitas Literasi

MJNews.id – Gebyar Kreativitas Literasi di Kota Padang Panjang merupakan sebuah even dalam penguatan literasi edukasi. Serta menumbuhkan minat dan merangkul masyarakat gemar membaca yang dimulai sejak dari usia dini.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota, Drs. Asrul saat membuka kegiatan Gebyar Kreativitas Literasi di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Selasa (20/6/2023).

Asrul berharap dengan serangkaian perlombaan pada kegiatan ini, dapat memberi dampak yang positif bagi peningkatan minat dan budaya baca di kalangan pelajar mulai dari usia dini dan masyarakat.

“Semoga anak-anak kita sejak dari usia dini mampu ekspresikan dirinya serta mampu menumbuhkan keberanian dan kepercayaan dirinya untuk bercerita terstruktur. Sehingga memunculkan ide dan gagasan cerita yang menarik,” harapnya.

Mantan birokrat senior itu juga berpesan kepada pihak sekolah, agar perpustakaan di sekolah dapat dikelola secara optimal. Agar fungsinya sebagai salah satu wahana pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

“Jadikan perpustakaan sebagai elemen penting dari fungsi sekolah. Lengkapi koleksinya dan kelola sesuai dengan standar pengelolaan yang baik. Serta tempatkan pustakawan atau pengelola yang cakap sehingga mampu mewujudkan perpustakaan yang berkualitas,” pesannya.

Sementara itu, Sekretaris DPK, Drs. M. Ali Tabrani, M.Pd mengatakan acara ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi masyarakat, khususnya para pelajar yang dimulai dari usia dini dalam membaca.

“Gebyar Kreativitas Literasi hadir untuk mendekatkan buku dengan masyarakat serta para pelajar yang dimulai dari sejak usia dini,” sebutnya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan di antaranya lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK, lomba bercerita tingkat SD/MI, lomba perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelurahan serta lomba pustakawan berprestasi tingkat SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi se-Kota Padang Panjang.

“Kegiatan ini sudah berlangsung selama 12 Juni dan akan berakhir pada 23 Juni mendatang,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Cabang Kota Padang Panjang periode 2023-2026. Sebagai ketuanya, Azani Mizuar, S.IP, M.I.Kom serta peluncuran inovasi Buku Bicara.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan tersebut, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Nova Era Yanthy Asrul, wakil ketua IPI Sumbar beserta camat dan lurah se-Kota Padang Panjang.

(ARB)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600