Padang PanjangSumatera Barat

Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Padang Panjang Hari Ini, Cek Rutenya

223
×

Ribuan Peserta Meriahkan Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Padang Panjang Hari Ini, Cek Rutenya

Sebarkan artikel ini
Pawai Alegoris Hut Kemerdekaan Ri
Ilustrasi. Pawai Alegoris HUT Kemerdekaan RI. (f/kominfo)

MJNews.id – Sama seperti tahun tahun sebelumnya, setiap memperingati hari kemerdekaan RI, Pemerintah Kota Padang Panjang selalu gelar pawai alegoris yang diikuti para OPS, sekolah yang ada di Kota Padang Panjang, dan sekolah interland ikut memeriahkan pawai.

Pawai Alegoris tahun ini akan diikuti peserta lebih kurang 7.000 peserta memeriahkan Pawai Alegoris Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 yang digelar hari ini, Sabtu (19/8/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Jumlah sebanyak itu, baru estimasi peserta dari sekolah-sekolah saja. Belum lagi dari OPD dan kelompok masyarakat lainnya yang biasanya selalu berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Sekolah-sekolah sudah mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Jumat (18/8/2023). Terdiri dari Sekolah Dasar yang dikelompokan berdasarkan Gugus. Lalu dari SLTP dan SLTA, termasuk pesantren-pesantren yang ada di lingkungan Kota Padang Panjang,” sebut Plt. Kepala Disdikbud, Muji Sirwanto, M.Pd.

Tidak hanya dari Padang Panjang, tambahnya, juga ada beberapa sekolah dari luar kota yang ikut mendaftar sebagai peserta pawai ini. Seperti SDN 07 Singgalang, SDN 15 Aia Angek, SMPN 1 X Koto, SMPN 3 X Koto, SMPN 5 X Koto.

“Jadi, hingga hari ini, untuk peserta pejalan kaki, lebih kurang sudah mencapai 7.000 orang yang terdaftar dalam 41 kelompok,” ungkapnya.

Untuk roda empat, tambah Muji, sekitar 20 unit dan roda dua sekitar 30 unit. Sampai sore ini sudah 23 peserta yang mendaftar untuk kendaraan, yang terdiri dari OPD, Bawaslu, KPU, Kemenag dan Bank Nagari.

Rute pawai, imbuhnya, titik kumpul peserta pejalan kaki adalah di Lapangan Anas Karim. Dengan rute Lapangan Anas Karim Bappeda, Panggung Kehormatan (depan BRI), simpang SMPN 1, AB Mart, Masjid Jihad, simpang empat Pasar Pusat belok kiri ke simpang Tanah Hitam. Kemudian belok kiri lagi ke perempatan GOR Bancalaweh terus berakhir di Lapangan Khatib Sulaiman Bancahlaweh.

Sedangkan untuk peserta berkendaraan, titik kumpul di depan Pasar Seni (Koramil). Dengan rutenya start dari Panggung Kehormatan terus ke simpang Serambi Mekkah, Rumah Dinas Wali Kota terus ke Fly Over Simpang Lapan. Kemudian menuju pertigaan PDAM, Terminal dan berakhir pasar kuliner.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT