Padang PariamanSumatera Barat

Sedikitnya 9 Kecamatan di Padang Pariaman Terendam Banjir

194
×

Sedikitnya 9 Kecamatan di Padang Pariaman Terendam Banjir

Sebarkan artikel ini
Banjir Merendam Perumahan Abi Singgalang Batas Kota Di Sei Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman
Banjir merendam Perumahan Abi Singgalang Batas Kota di Sei Pinang, Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padangpariaman. (f/ist)

Mjnews.id – Sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat terendam banjir akibat hujan deras sejak Kamis (13/07/2023) malam. Dari informasi yang diperoleh, titik banjir tersebar di berbagai kecamatan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman, Budi Muya, mengatakan update terakhir ada 15 titik lokasi yang terdampak.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

“Curah hujan yang tinggi menyebabkan meningkatnya debit air beberapa sungai dan kondisi tanah yang labil,” kata Budi, Jum’at (14/07/2023).

Rata-rata ketinggian air berkisar dari 50 cm sampai 150 cm. Selain itu juga terjadi tanah longsor dan angin kencang yang menimpa rumah warga. Total, ada 9 Kecamatan yang tergenang banjir di Kabupaten Padang Pariaman

Salah satunya di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai. Banjir merendam dua perumahan di Korong Kasai, yakni perumahan Kasai Residence dan Kasai Permai. Tinggi air berkisar setinggi paha orang dewasa. Banjir juga merendam Perumahan Abi Singgalang Batas Kota di Korong Sei Pinang setinggi betis sampai setinggi paha orang dewasa.

Selain itu, banjir turut menggenangi Korong Banda Gadang. Akibat hujan yang disertai angin kencang, salah salah rumah warga di sana tertimpa pohon tumbang. Selanjutnya rumah warga di Korong Bintuangan juga terendam banjir.

Di Nagari Lubuak Pandan, Kecamatan 2 x 11 Anam Lingkuang, badan jalan terimbun longsor dan menutup akses kendaraan.

Budi Mulia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah nagari setempat. Banjir juga merendam Nagari Parit Malintang. Tepatnya di Korong Pasa Limau.

Di Kecamatan V Koto, tepatnya di Nagari Sikucua, ada tiga korong yang terendam banjir. Tepatnya di Korong Lansano, Durian Dadok, dan Korong Sungai Janiah.

Sedangkan di Kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam, Nagari Anduriang, terdapat 8 titik longsor yang mengarah ke badan jalan. Salah satunya menimpa rumah warga. BPBD telah menghimbau warga untuk evakuasi ketempat yang aman.

Lokasi lain yang terkena banjir adalah: Kecamatan VII Koto, Nagari Bisati Sungai Sariak (Korong Pasie Laweh). Nagari Balah Aia Utara (Korong Lubuak Pua),Lareh Nan Panjang Selatan (Korong Kampuang Dama). Nagari Kapalo Koto (korong Baruah), Nagari Sintuak (Batang Tapakih), dan di Kecamtan Ulakan Tapakis, Nagari Galapuang Ulakan.

(*/eds)

Kami Hadir di Google News