Pasaman BaratSumatera Barat

Dinas Kesehatan Pasbar Launching Posyandu Terintegrasi di Rantau Panjang

216
×

Dinas Kesehatan Pasbar Launching Posyandu Terintegrasi di Rantau Panjang

Sebarkan artikel ini
Dinas Kesehatan Pasbar Launching Posyandu Terintegrasi di Rantau Panjang
Dinas Kesehatan Pasbar Launching Posyandu Terintegrasi di Posyandu Buah Sawit Jorong Rantau Panjang, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Ketua TP-PKK Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Ny. Titi Hamsuardi hadiri Launching Posyandu Terintegrasi oleh Dinas Kesehatan Pasaman Barat bersama Puskesmas Sasak Ranah Pasisie, pada Selasa (10/10/2023) yang berlokasi di Posyandu Buah Sawit Jorong Rantau Panjang, Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Pasbar, Ny. Titi Hamsuardi menjelaskan Posyandu Terintegrasi adalah pelayanan sosial dasar keluarga yang mencakup semua aspek, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan hingga pola asuh anak bagi masyarakat.

“Perlu diadakan Launching Posyandu Terintegrasi ini di Pasbar, sebab Posyandu Terintergrasi akan memudahkan segala pelayanan mulai dari pelayanan kesehatan yang mencakup pemantauan tumbuh-kembang anak, dan pencegahan serta penanganan stunting yang dilakukan secara koordinatif dan terintegrasi serta saling memperkuat antar program. Serta pelayanan pendidikan hingga pola asuh anak bagi masyarakat. Nantinya pada tingkat provinsi juga akan mengadakan lomba Posyandu Terintegrasi yang bertujuan untuk melihat perkembangan setiap daerah di Provinsi Sumbar. Tentunya Kabupaten Pasaman Barat ikut serta mengangkat kegiatan ini,” jelas Ny. Titi Hamsuardi.

Ny. Titi Hamsuardi juga menegaskan perlunya dilakukan peningkatan pelayanan kesehatan di Posyandu itu. Mulai dari pendaftaran, penimbangan, penyuluhan, langkah pencatatan, pelayanan kesehatan, keaneka ragaman pangan, dan peningkatan pendapatan keluarga.

“Kami harapkan kepada Kader Posyandu untuk menciptakan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan lainnya kepada masyarakat. Semakin banyak inovasi makin bagus jika posyandunya sudah terintegrasi. Dibutuhkan partisipasi dan kontribusi semua pihak agar pelayanan ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Kader Posyandu juga harus berperan aktif dalam memberikan pelayanan, sehingga angka cakupan partisipasi meningkat dan memuaskan dengan begitu masyarakat akan nyaman,” himbaunya.

Sementara itu, Camat Sasak Ranah Pasisie Yeni Tunida dalam sambutannya juga menegaskan bahwa Posyandu Terintegrasi juga akan semakin mempermudah masyarakat setempat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Selain itu Kepala Puskesmas Sasak Leon Marta juga menyampaikan bahwa kegiatan posyandu tersebut diangkat karena bermanfaat bagi masyarakat seperti pelaksanaan imunisasi rutin, pelaksanaan penimbangan yang dilaksanakan oleh petugas gizi, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan laboratorium gratis oleh masyarakat, kegiatan pengawasan penyakit tidak menular dan penyakit menular seperti hipertensi.

“Manfaatkan fasilitas atau program Pemda yang ada, karena kegiatan yang direalisasikan kepada masyarakat saat ini seperti Posyandu terintegrasi lebih memudahkan pelayanan kesehatan kepada semua kalangan dan sangat bermanfaat tentunya kepada masyarakat,” jelasnya.

(wal)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600