Pasaman BaratKesehatanSumatera Barat

Peringati HUT ke-72, IBI Cabang Pasaman Barat Adakan Seminar Sehari

205
×

Peringati HUT ke-72, IBI Cabang Pasaman Barat Adakan Seminar Sehari

Sebarkan artikel ini
Peringatan Hut Ibi Ke-72 Di Pasaman Barat
Peringatan HUT IBI ke-72 di Pasaman Barat. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Bupati Hamsuardi membuka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Pasaman Barat (Pasbar)ke-72 dan Seminar Sehari yang digelar di Aula Kantor Bupati Pasbar, Selasa (19/12/2023).

Turut hadir Ketua TP.PKK Pasbar, Ketua DPRD beserta Wakil, Kepala OPD, Direktur RSUD, Direktur Yarsi, Direktur RSIA Al-Ikhsan, Kepala BPJS Pasbar, Bidan se-Pasbar dan stakeholder terkait.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan salah satu bentuk perhatian Pemda terhadap kesehatan masyarakat Pasbar yaitu dengan memberikan fasilitas berobat gratis. Program Pemda dalam membuat warga Pasbar menjadi pintar dan berakhlak mulia ini, juga berhubungan dengan para bidan.

“Bagaimana membuat warga Pasbar ini pintar dan sehat sangat berhubungan dengan bidan. Upaya berakhlak mulia juga ada kaitannya dengan bidan. Tahfidz Alquran dan magrib mengaji semua merupakan bentuk pelayanan yang baik kepada masyarakat. Apalagi, Pemda dan IBI saling bekerjasama dan berkordinasi,” sebutnya.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh bidan di Pasbar agar dapat melaksanakan dan menyampaikan visi misi Pemda Pasbar kepada masyarakat dengan sebaik baiknya agar tidak terjadi kesalahpahaman di dalam masyarakat.

Ia juga meminta untuk para bidan yang masih sukarela agar dapat bertahan dan tidak berhenti, sebab Pemda masih fokus terhadap bidang kesehatan. Selain itu, Pemda juga berupaya melakukan pengangkatan THL secara bertahap.

Sementara itu, Ketua DPRD Pasbar, Erianto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pengorbanan tiada henti dari bidan-bidan di Pasbar.

Ia juga mengapresiasi Pemda Pasbar berdasarkan program pemerintah pusat yang membuka lowongan PPPK Kesehatan tahun 2023 sebanyak lebih kurang 400 nakes.

“Dari lembaga DPRD kami akan senantiasa mendukung program dan visi misi Pemda Pasbar melalui bupati dan wakil bupati. Selain itu, bidan juga sangat berperan penting dalam rangka penurunan angka stunting di masyarakat. Seperti yang kita ketahui kasus stunting di Pasbar cukup tinggi. Kita semua sudah bertekad untuk menurunkan angka stunting hingga di angka 14 persen sesuai target nasional,” tangkasnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Pasbar, Daliyus K menyebutkan, usia 72 tahun merupakan usia yang matang. Dedikasi Bidan dalam memberikan pelayanan kepada perempuan yang baru menikah sampai usia menopause sangatlah besar. DPRD dan Pemda harus mendukung program bidan sebagai apresiasi terhadap bidan di Pasbar.

Disamping itu, Ketua IBI Pasbar, Ermita Kasmadi menjelaskan bahwa IBI merupakan organisasi profesi dan organisasi sosial masyarakat yang merupakan wadah berhimpunnya bidan seluruh Indonesia.

Ia menyebutkan sebagai organisasi profesi bidan yang konsisten dan berkesinambungan senantiasa berusaha meningkatkan upaya pengelolaan dari aspek administrasi dan kepemimpinannya dari tingkat pusat, daerah, cabang hingga ranting.

“Jumlah anggota IBI di Pasbar lebih kurang 1.038 orang. Kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya pelayanan KB gratis di awal tahun 2023, pertemuan triwulan IBI pada 22 Februari 2023, Crash Program Imunisasi Polio tahun 2023, pelayanan KB serentak, mengikuti dan partisipasi Kongres IBI dan PIT, dan seminar sehari yang dilakukan hari ini dengan judul Identifikasi Penyakit Penyerta Pada Ibu Hamil Beserta Penanganannya,” tambahnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT