Pesisir SelatanPendidikanSumatera Barat

Hebat! SDN 03 Airpura Boyong 4 Juara 1 di HUT RI ke-78

219
×

Hebat! SDN 03 Airpura Boyong 4 Juara 1 di HUT RI ke-78

Sebarkan artikel ini
Sdn 03 Airpura Boyong 4 Juara 1 Di Hut Ri Ke-78

MJNews.id – Sekolah Dasar Negeri/SDN 03 Airpura, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan, mendapat apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan.

Apresiasi itu didapatkan karena melalui momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, sekolah itu mampu mengukir empat prestasi sebagai juara 1 sekaligus di kecamatan tersebut.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kepala SD N 03 Airpura, Ilmiati, mengatakan, bahwa pihaknya memang terus memberikan dorongan dan motivasi kepada siswanya sesuai bakat yang dimiliki

“Karena upaya itu juga mendapatkan dorongan dari komite sekolah dan orang tua. Sehingga berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan bisa berjalan secara optimal yang juga dibuktikan melalui berbagai prestasi, baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten,” katanya, Senin (21/08/2023).

Dia menambahkan bahwa sekolah itu melalui tenaga pendidik memang memberikan peluang dan juga kesempatan kepada semua siswa untuk bisa menunjukkan talentanya, baik dalam hal ekstrakurikuler, maupun secara akademik.

“Berkat upaya itu sehingga pada momen HUT RI ke 78 tahun 2023 ini, siswa saya mempu meraih empat juara 1 sekaligus,” ungkapnya.

Dijelaskannya bahwa empat juara 1 sekaligus yang diboyong melalui momen peringatan HUT RI ke 78 tersebut diantaranya, lomba drumband, lomba solo song lagu-lagu nasional, lomba cerdas Alquran, lomba pawai alegoris.

“Namun khusus lomba drumband, sekolah ini selalu mendapatkan juara 1 itu setiap tahun. Sehingga dapat dikatakan untuk tingkat sekolah dasar sekolah ini tidak terkalahkan,” akunya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa untuk tingkat kabupaten, siswanya atas nama Fajar, mampu meraih juara 1 pada tahun 2023 ini pada lomba Lomba Cerdas Alquran Tahfiz.

Semua itu bisa tercapai karena tingginya kedisiplinan siswa ditengah kuatnya semangat dan komitmen yang dimiliki.

“Tentunya dengan tetap mengutamakan kenyamanan siswa dalam melakukan berbagai kegiatan ekstrakurikuler tersebut sesuai dengan bakat dan talenta yang dimiliki siswa,” ucapnya.

Atas capaian itu, sehingga dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi.

“Tapi perlu dipahami bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari peran serta guru, pelatih, komite sekolah dan support dari orang tua, baik secara materiil maupun spiritual. Keberhasilan ini akan menambah semangat dan motivasi siswa untuk lebih giat lagi ke depannya,” katanya lagi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Salim Muhaimin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar, Lendra, ketika dihubungi Senin (21/8) menyampaikan apresiasinya kepada SD Negeri 03 Airpura karena sudah mampu menunjukkan berbagai prestasinya di daerah itu.

“Kita memang terus memberikan dorongan dan motivasi kepada semua sekolah di daerah ini agar mampu menunjukkan prestasinya baik dalam bentuk ekstrakurikuler malun secara akademik. Sebab melalui prestasi itu, siswa akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Ini tentu akan memberikan kontribusi yang besar terhadap pengembangan kurikulum merdeka saat ini,” ujarnya.

Ditambahkan lagi bahwa peringatan hari kemerdekaan tersebut juga dijadikan sebagai momen untuk melihat sejauh mana kreativitas guru dan sekolah berpartisipasi dalam memeriahkannya.

“Bahkan melalui momen ini, kita bisa pula melihat mana sekolah yang berprestasi, dan mana pula sekolah yang biasa-biasa saja. Makanya kami dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan memberikan apresiasi kepada SD Negeri 03 Airpura melalui empat prestasi juara 1 yang diraih tersebut,” timpalnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT