Pesisir SelatanSumatera Barat

Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Laksanakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra IKM

121
×

Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel Laksanakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra IKM

Sebarkan artikel ini
Dinas Perdagangan Dan Transmigrasi Pessel Laksanakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra Ikm
Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pessel Laksanakan Pelatihan Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra IKM. (f/diskominfo)

MJNews.id – Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melaksanakan kegiatan Pelatihan Program Penguatan Kapasitas Kelembagaan Sentra IKM (Industri Kecil Menengah) tahun 2023, Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Sentra IKM Perikanan dan IKM Pengolahan Gambir yang dilaksanakan di Triza Hotel Painan, Jumat (15/09/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, Mawardi Roska, dihadiri Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, Mimi Riarty Zainul, Kepala Bapedalitbang, Konsultan pelaksana PT. Citra Sarana Infotama, dan seluruh peserta Pelatihan IKM Perikanan dan IKM Pengolahan Gambir.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Mimi Riarty Zainul dalam laporan kegiatannya menjelaskan, bahwa kegiatan rangkaian kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non fisik merupakan tahun ke 2 yang mendapatkan Alokasi dana, Pesisir selatan telah memiliki 3 Sentra IKM yaitu Sentra IKM Perikanan yang berada di Carocok Tarusan, Sentra IKM Minyak Atsiri Lunang, dan Sentra IKM Pengolahan Gambir di Koto Taratak.

“Ada 25 kegiatan yang akan dilaksanakan dari Bulan September sampai Desember, Sentra IKM Gambir dengan 15 Kegiatan dan 6 Pendampingan, Sentra IKM Perikanan 6 Kegiatan dan 4 Pendampingan, Sentra IKM Atsiri 2 Kegiatan, sisanya untuk kegiatan Sertifikasi TKDN, Halal, dan Studi Banding,” jelasnya.

Tujuan pelatihan ini agar Pemerintah dan Pelaku IKM dapat berkolaborasi memajukan IKM di Pessel. Mimi berharap Kelompok IKM yang terpilih dapat mengikuti pelatihan dengan baik, dan dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk mewujudkan Penguatan Kapasitas Sentra IKM yang lebih baik lagi.

“Kami berharap tahun 2024 Sentra IKM Pengolahan Gambir sudah dapat beroperasional agar mempermudah kelompok IKM dalam memproduksi, setelah itu kami juga sedang memproses Produk Sentra IKM Pengolahan Perikanan agar dapat di pasarkan di Supermarket ternama dan Mall yang ada di kota kota besar Sumatera Barat,” ucapnya.

Mawardi Roska dalam sambutannya memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh peserta pelatihan IKM untuk menjadi contoh perubahan dan saling bersinergi dalam memajukan IKM.

“Kelompok IKM dapat memaksimalkan Fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan secara optimal dalam meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan inovasi Produk IKM agar memiliki ciri khas,” ujarnya.

Sekda berharap materi yang diberikan dapat di aplikasikan dengan baik oleh Peserta Pelatihan IKM, dan dapat meningkatkan Keterampilanya dengan mencontoh IKM dari luar yang sudah berhasil untuk dapat dikembangkan di daerah Pessel.

“Maju IKM 100% terletak ditangan Kelompok , dan Pemerintah Pesisir Selatan siap memfasilitasi kekurangan kekurangan yang terjadi untuk Kelompok IKM di Pesisir Selatan yang lebih maju,” tutupnya.

(canang)

Kami Hadir di Google News