Solok SelatanKesehatanSumatera Barat

Pemkab bersama PC IAI Solsel Launching Kampung Ask Me Dagusibu di Sungai Kapur

302
×

Pemkab bersama PC IAI Solsel Launching Kampung Ask Me Dagusibu di Sungai Kapur

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Pendewal Didampingi Ketua Pc Iai Kabupaten Solsel, Esi Candrawati Saat Melaunching Kampung Ask Me Dagusibu Di Jorong Sungai Kapur Pakan Rabaa, Kecamatan Kpgd
Kepala Dinas Kesehatan Solsel, Pendewal didampingi Ketua PC IAI Kabupaten Solsel, Esi Candrawati saat melaunching Kampung Ask Me Dagusibu di Jorong Sungai Kapur Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD, Sabtu (23/9/2023). (f/afrizal amir)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten apresiasi Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Solok Selatan yang telah mengedukasi masyarakat untuk terus membangun kesehatan melalui pemahaman dalam penggunaan obat-obatan.

Bahkan Pemkab Solsel, sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan, Pendewal berharap kepada pengurus Pimpinan Cabang IAI untuk dapat membangun kampung Apoteker Sahabat Keluarga Melayani (Ask Me) Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang (Dagusibu) di setiap Kecamatan di Solok Selatan itu.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Hal tersebut disampaikan Pendewal saat launching Kampung Ask Me Dagusibu dalam rangka Ulang Tahun IAI ke-68 tahun 2023 di Jorong Sungai Kapur, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan KPGD, Sabtu (23/9/2023).

Turut hadir saat itu, Ketua PC IAI Kabupaten Solsel, Esi Candrawati A. Pt. Camat KPGD diwakili Pj. Wali Nagari Pakan Rabaa, Candra Kendana, koordinator program kampung Ask Me Dagusibu tahun 2023, Apoteker Nova Putrina, S. Farm, kepala jorong dan kader ke masyarakat di daerah tersebut.

Saat itu, atas nama Pemkab Solsel Pendewal juga sangat berharap, kampung Ask Me Dagusibu Jorong Sungai Kapur itu, dapat menjadi room model untuk pembangunan masyarakat dalam pemanfaatan obat-obatan yang tepat.

“Kita ingin Jorong Sungai Kapur ini dapat menjadi room model Ask Me Dagusibu di Solok Selatan, melalui program yang dibangun PC IAI Kabupaten ini,” harapnya.

Kepada apoteker Solsel yang berjumlah 25 orang dan pada umumnya kaum perempuan di minta untuk terus mendukung Pemda dalam membangun kesehatan masyarakat dengan pemberian pemahaman dalam penggunaan obat,” pungkasnya.

Pemerintahan Kecamatan KPGD sebagaimana disampaikan Pj. Wali Nagari Pakan Rabaa, Candra Kendana di kesempatan tersebut mengapresiasi pihak UPT Puskesmas Pakan Rabaa bersama Dinas Kesehatan Solsel yang sudah menjadikan salah jorong di daerahnya sebagai daerah percontohan dalam memanfaatkan obat-obatan yang benar.

Hal tersebut selain akan berdampak untuk membangun pemahaman masyarakat dalam memanfaatkan obat, juga sebagai bagian dalam membangun kesehatan masyarakat didaerah ini,” jelas Candra Kendana yang juga pejabat di Kecamatan KPGD tersebut

Sementara itu, Ketua PC IAI Kabupaten Solsel, Esi Candrawati mengapresiasi Pemerintah, mulai dari tingkat kabupaten hingga pemerintahan terendah di daerah tersebut yang sudah memberi dukungan dan penguatan untuk mewujudkan berbagai program organisasi apoteker di daerah tersebut, terutama saat peringatan ulang tahun IAI ke-68 tahun 2023 itu.

“Pihak apoteker ingin semua masyarakat memiliki pengetahuan dan mengenal lebih jauh tata cara pemanfaatan obat,” jelasnya.

Sementara itu, koordinator kegiatan Ask Me Dagusibu tahun 2023, Apoteker Nova Putrina, S.Farm, memaparkan bahwa dalam rangka memeriahkan ulang tahun IAI ke-68 pada tahun 2023, pihaknya sejak bulan Agustus lalu telah menyasar jorong Sungai Kapur untuk persiapan Kampung Ask Me Dagusubu.

Artinya berbagai kegiatan, mulai dari pendataan yang dirangkai dengan pengenalan dalam pemanfaatan obat sudah dilakukan di jorong Sungai Kapur tersebut.

“Melalui kegiatan ini kedepan masyarakat akan dapat lebih mengenali dalam pemanfaatan obat, mulai dari Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang obat,” jelasnya.

Kegiatan tersebut selain pelaksanaan launching Kampung Ask Me Dagusibu juga melaksanakan sosialisasi terkait penggunaan, pengenalan, dan pemanfaatan obat-obatan yang disampaikan oleh Ketua PC IAI Kabupaten Solsel, Esi Candrawati.

(afa)

Kami Hadir di Google News