Solok SelatanSumatera Barat

Serahkan Bantuan Pangan CBP Tahap II di Nagari Padang Limau Sundai, Begini Pesan Wabup Solsel

114
×

Serahkan Bantuan Pangan CBP Tahap II di Nagari Padang Limau Sundai, Begini Pesan Wabup Solsel

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi Di Nagari Padang Limau Sundai
Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi di Nagari Padang Limau Sundai. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mengharapkan ketahanan pangan di kabupaten ini terus terjaga. Sehingga ketika kondisi pangan yang sulit ataupun harga pangan yang tinggi, masyarakat di Solok Selatan hanya terkenda dampak minim atau tak terdampak sama sekali.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Solok Selatan H. Yulian Efi saat penyerahan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) Tahap II Tahun 2023 di Nagari Padang Limau Sundai, Sangir Jujuan, Rabu (11/10/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Yulian menjelaskan bantuan ini diberikan sebagai salah satu upaya pemerintah melakukan pemulihan ekonomi dan pengendalian inflasi serta meringankan beban masyarakat.

“Terlebih saat ini sedang terjadi kenaikan harga dan kekurangan pasokan pangan. Di daerah kita tidak terasa, tapi kalau di daerah lain terasa kesulitan. Harga-harga pangan naik,” kata Yulian siang ini.

Menurutnya, salah satu cara untuk menjaga ketahanan pangan di daerah adalah dengan tidak mengalihfungsikan lahan-lahan pertanian, terlebih sawah. Pasalnya, banyak lahan yang digunakan untuk pembangunan rumah dan lain sebagainya.

“Jangan sampai lahan menipis untuk kebutuhan lainnya, seperti ingin membangun rumah dan lain-lain. Untuk itu ini menjadi perhatian,” imbuhnya.

Adapun bantuan beras ini merupakan tahap yang kedua diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 11.493 orang dengan jumlah bantuan sebesar 34,4 ton.

Kecamatan Sangir Jujuan mendapatkan jatah sebanyak 1.159 KPM. Perinciannya 148 KPM di Nagari Bidar Alam, 645 KPM di Lubuak Malako, 163 KPM di Padang Air Dingin, 83 KPM di Padang Gantiang, dan 120 KPM di Padan Limau Sundai.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan biaya pendidikan dari Baznas senilai Rp 30,5 juta dan biaya konsumtif lansia senilai Rp 22 juta.

Pemerintah Nagari Padang Limau Sundai juga menyerahkan bantuan BLT Dana Desa dan sembako DTKS.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimcam dan jajaran Kepala OPD.

Usai penyerahan bantuan, abup juga mengunjungi Pos Gizi Dashat alias Dapur Sehat Atasi Stunting di nagari tersebut. Pos ini terintegrasi dengan UPT Puskesmas Sangir Jujuan.

Setelahnya juga dilakukan kunjungan ke SD 04 Padang Limau Sundai untuk mengecek kondisi sekolah tersebut.

(sus)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT