banner pemkab muba
Jawa TengahTNI

Kodim 0708 Laksanakan Reboisasi di Pantai Dewa Ruci Purworejo

198
×

Kodim 0708 Laksanakan Reboisasi di Pantai Dewa Ruci Purworejo

Sebarkan artikel ini
Kodim 0708 Laksanakan Reboisasi Di Pantai Dewa Ruci Purworejo
Kodim 0708 Laksanakan Reboisasi di Pantai Dewa Ruci Purworejo. (f/pendim)

Purworejo, MJNews.id – Kodim 0708 Purworejo bersama Kodam IV Diponegoro laksanakan reboisasi di kawasan pantai dewa ruci Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (27/3/2023).

Dalam kegiatan program reboisasi, Kodim menggandeng Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata Kabupaten Purworejo dan PT Indotama Purworejo. 700 pohon akasia, cemara laut dan tabe buya ditanam.

Hadir Kepala Staf Kodim Mayor Infanteri Rokhyani mewakili Dandim 0798 Purworejo, anggota DPR RI, Vita Ervina, Dinas Kehutanan wilayah 8 Jawa Tengah Rina Handayani, Dinas Lingkungan Hidup Suyud Jatmiko, Dinas Kehutanan Sugiyanto dan Muspika Kecamatan Purwodadi.

Dalam sambutannya, Kasdim Mayor Inf Rokhyani menyampaikan, penanaman pohon ini sebagai tindak lanjut perintah Pangdam IV Diponegoro untuk melakukan penghijauan di wilayah masing-masing sebagai wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan.

“Dipilihnya pantai dewa ruci sebagai sasaran penanaman pohon untuk menghijaukan wilayah pantai dan menjaga kelestarian alam sehingga nantinya akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung objek wisata,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan, sebagai bentuk tanggung jawab bersama dan jika penanaman ini berhasil akan terus dikembangkan tidak hanya menghasilkan ekosistem air yang bersih dan sehat melainkan juga dapat berpotensi sebagai sumber pendapatan dalam mengembangkan destinasi wisata.

“Dengan kegiatan reboisasi atau penghijuan ini diharapkan dapat menguatkan semangat kita di dalam merawat dan menjaga eksistensi di wilayah pantai Jatimalang,” imbuhnya.

Sementara itu, Vita Ervina selaku anggota DPR RI komisi IV yang membidangi pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan menyambut baik kegiatan reboisasi yang dilakukan oleh TNI berserta pemerintah daerah. Hal ini untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan, sehingga kegiatan ini akan terus di dorong guna menjaga ekosistem dan mengatasi abrasi pantai dewa ruci ini.

“Kami terus menggalakkan penanaman mangrove, tanaman keras dan produktif di kawasan yang memang perlu dilakukan reboisasi dan rehabilitasi lahan. Semoga dengan reboisasi ini lingkungan kita semakin hijau dan lestari,” pungkasnya.

(Fix)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600