banner pemkab muba
Adv

Upaya Tekan Prevalensi Stunting, Hasan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang

96
×

Upaya Tekan Prevalensi Stunting, Hasan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
Hasan Perintahkan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang
Penjabat Wali Kota Hasan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang. (f/pemko)

Mjnews.id – Upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat, kembali digalakkan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Tidak hanya terkonsentrasi pada pembersihan saluran drainase, dan lingkungan pemukiman, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Hasan, S.Sos mulai menggerakkan swadaya masyarakat untuk membersihkan sampah di kawasan pesisir.

Beberapa wilayah di Tanjungpinang seperti Tanjung Unggat, Kampung Bulang, Penyengat, Kampung Bugis, Senggarang Pelantar 1, Pelantar 2, Pelantar 3, dan sekitarnya merupakan kawasan pesisir yang rentan terjadi penumpukan sampah sisa pasang air laut.

Menurut Hasan, pasang surut merupakan proses alam yang tidak dapat dielakkan. Namun penumpukan sampah yang terbawa arus pasang, ucapnya, dapat disikapi secara arif oleh pemerintah bersama masyarakat.

Hasan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang
Hasan Bersihkan Pemukiman dan Kawasan Pesisir Tanjungpinang. (f/pemko)

“Oleh sebab itu, kita mulai melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di kawasan pesisir. Sampah-sampah yang terbawa arus pasang, dan menumpuk di pesisir, jika terus dibiarkan akan menimbulkan dampak gangguan kesehatan,” ungkap Hasan, Rabu 8 Mei 2024.

Hasan mengimbau masyarakat di kawasan pesisir menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan tidak membuang sampah ke laut.

Tidak hanya mengimbau, sebagai wujud perhatiannya terhadap upaya menjaga kebersihan di kawasan pesisir, melalui OPD terkait Hasan menggerakkan swadaya masyarakat untuk membersihkan sampah di sejumlah kawasan pesisir.

Selain membersihkan dan mengangkut sampah yang terbawa arus pasang di kawasan pesisir, pemerintah kota juga mengangkut sampah di perairan dengan mengoperasikan perahu pengangkut sampah.

Kegiatan pembersihan sampah di kawasan pesisir, ucap Hasan, akan terus dilaksanakan dibarengi dengan upaya membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat.

Di tengah guyuran hujan pada Rabu pagi, Hasan terlibat langsung dalam kegiatan pembersihan sampah di kawasan pesisir Pelantar 1.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600