BeritaKabupaten SolokSumatera Barat

Pemkab Solok Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri

123
×

Pemkab Solok Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri

Sebarkan artikel ini
Pemkab Solok Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
Pemkab Solok Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri. (f/pemkab)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat, secara serius mengikuti Rapat Pengendalian Inflasi Daerah, secara Virtual di ruang rapat Setda Kabupaten Solok Arosuka, Senin 19 Februari 2024.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Ahli Bupati, Eva Nasri, Asisten II Setda, Deni Prihatni, dan Pimpinan OPD terkait.

Rapat Pengendalian Inflasi Daerah dipimpin oleh Inspektur Jendral Kementian Dalam Negeri, Tomsi Tohir. meminta semua pihak supaya lebih fokus lagi dalam pengendalian inflasi, siring dengan adanya kenaikan harga beberapa bahan pokok saat ini.

“Pada rapat pagi ini saya berharap kita bisa lebih fokus lagi, gak usah panjang-panjang, kita tahu sudah, penyakitnya apa, beras naik, jagung naik, apa namanya, tepung naik, bawang putih naik.” ujar Tomsi Tohir.

“Tidak perlu beradu data, datanya kan mirip-mirip saja. Sekarang bagaimana jalan keluarnya, kalau kita berteori terus, sementara di luar harga naik terus kemudian setiap senin kita rapat, gak ada perubahan, ya gak ada artinya,” tegas Tomsi Tohir lagi.

Sementara Deputi Distribusi dari BPS, Fuji Ismartini, menyampaikan tinjauan inflasi dan Indeks perkembangan harga mingguan ke-3 Februari 2024.

Fuji Ismartini menjelaskan berdasarkan data histori inflasi selama 6 tahun terakhir, bahwa setiap bulan Februari cenderung terjadi inflasi, namun infalasi tersebut relative lebih rendah jika dibanding dengan inflasi yang terjadi pada bulan Januari.

Dikatakan Ismartini, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga di beberapa daerah adalah minyak goreng beras, cabe merah, dan daging ayam ras.

Staf Ahli Bupati Solok, Eva Nasri mengatakan supaya dinas terkait di lingkup Pemerintah terus dan senantiasa melakukan survey harga di pasar-pasar, agar setiap harga kebutuhan bahan pokok terus terpantau.

Tak hanya itu Eva nasri juga menyampaikan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, ia juga meminta instansi terkait melakanakan pasar murah di beberapa titik lokasi di Kabupaten Solok.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600