Berita

Jaga Inflasi Jelang Ramadan, Pemkab Pasbar Sidak Sejumlah Pasar

151
×

Jaga Inflasi Jelang Ramadan, Pemkab Pasbar Sidak Sejumlah Pasar

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pasbar Sidak Sejumlah Pasar
Pemkab Pasbar Sidak Sejumlah Pasar. (f/pemkab)

Mjnews.id – Menjelang bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan Sidak (Inspeksi mendadak) untuk mengetahui ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di sejumlah pasar, Jumat 1 Maret 2024.

Sidak sebagai upaya pengendalian inflasi daerah itu dilakukan di Pasar Simpang Tiga Kecamatan Luhak Nan Duo, Pasar Manggonang Nagari Kasik Putih Sungai Tanang Kecamatan Sungai Aur dan Pasar Batang Saman Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Tim sidak terdiri dari Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jhon Edwar, Kadis DPMN Randy Hendrawan, Kabid Statistik Diskominfo Amiri, Perwakilan Dishub Hendri, Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Muriatis, Perwakilan Bidang Perekonomian serta stakeholder terkait.

Dalam Sidak, Staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jhon Edwar mengatakan bahwa pada umumnya harga sembako menjelang bulan ramadhan cenderung naik seiring dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat terhadap sembako, seperti beras, cabai merah, daging ayam, bawang dan lainnya.

Ia juga mengatakan Pemerintah Daerah akan selalu melakukan pemantauan terhadap perkembangan harga bahan pokok menjelang Ramadhan. Selain itu, kegiatan sidak juga akan terus berlanjut sebagai upaya dalam memastikan ketersediaan barang dan harga bahan pokok di pasaran.

Sementara Kadis DPMN Randy Hendrawan menyampaikan bahwa dalam satu minggu terakhir terdapat beberapa kenaikan harga bahan pokok, namun tidak terlalu signifikan. Ia berharap menjelang bulan Ramadhan ini harga bahan pokok dapat stabil kembali.

“Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok, Tim Pengendalian Inflasi Daerah akan terus memantau harga di pasaran terutama harga sembako. Adapun yang mengalami kenaikan pada minggu ini seperti beras, ayam potong, ikan, bawang putih dan beberapa item lainnya,” jelas Randy Hendrawan.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT