BeritaPasaman BaratSumatera Barat

Sidak ke Pasar Talu dan Pasar Paraman, Ini Temuan Tim TPID Pasbar

149
×

Sidak ke Pasar Talu dan Pasar Paraman, Ini Temuan Tim TPID Pasbar

Sebarkan artikel ini
Tim Tpid Pasbar Sidak Pasar
Tim TPID Pasbar sidak pasar. (f/pemkab)

Mjnews.id – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pasaman Barat inspeksi mendadak/Sidak ke Pasar Talu, Kecamatan Talamau dan Pasar Paraman, Kecamatan Gunung Tuleh, Rabu 6 Maret 2024.

Pada Sidak di Pasar Talu, Tim TPID dipimpin Kabid Penyuluh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Saridin didampingi Camat Talamau Arman Putra dan Forkopimca serta jajaran.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sementara Sidak di Pasar Paraman, Tim TPID dipimpin Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Pasbar, Amiri didampingi Forkopimca, Wali Nagari Rabi Jonggor, Abna Mufid, dan jajaran dari kecamatan setempat.

Pada sidak tersebut, TPID mendatangi beberapa pedagang yang menjual komoditas strategis seperti beras, cabai, minyak goreng, bawang, telur ayam dan bahan pokok lainnya.

Mayoritas harga sembako mengalami kenaikan seiring dengan memasuki bulan suci Ramadan.

Peningkatan paling signifikan terjadi pada harga komoditas cabai, beras, telur, dan bawang. Harga cabai merah di Pasar Talu berkisar dari harga Rp 60.000 hingga Rp 70.000/kg, sedangkan di Pasar Paraman berkisar dari harga Rp 60.000 hingga Rp 100.000/kg.

Untuk harga beras di Pasar Talu mulai dari harga Rp 13.000 hingga Rp 14.000/kg, dan Paraman mulai dari harga RP 11.000 sampai Rp 15.000/kg.

Harga Minyak Curah dari Harga Rp 17.000 hingga Rp 18.000, Minyak Premium mulai dari harga Rp 16.000 hingga Rp 22.000/kg.

Harga Bawang Merah mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 38.000 dan untuk harga Telur Ayam Rp 53.000/papan.

Kabid Penyuluh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Saridin saat memimpin sidak Pasar Talu mengatakan terjadi kenaikan harga di sejumlah komoditas seperti beras dan cabai merah, telur dan lainnya.

“Hari ini kita melaksanakan sidak pasar untuk melihat dan mengetahui secara langsung ketersediaan bahan pangan dan harganya. Dari kegiatan ini terpantau adanya kenaikan di sejumlah komoditi, seperti beras, cabai, minyak, telur dan lainnya,” ujar Saridin.

Ia menambahkan, guna menjamin keamanan harga dan stok bahan pokok, pemerintah akan berupaya mendorong semua tim dan stakeholder terkait, untuk bekerjasama dan saling bersinergi, dalam rangka memastikan harga-harga bahan pokok di tengah-tengah masyarakat bisa tetap normal, sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan jelang Ramadan.

Pemerintah akan terus berupaya menstabilkan harga-harga bahan pokok, dengan melakukan berbagai upaya seperti sidak pasar.

“Kita juga melaksanakan pasar murah yang hari ini digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sembako murah, apalagi menjelang bulan suci Ramadan,” ungkapnya.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT