KemendagJawa Tengah

Kunjungi Pasar Karang Ayu Semarang, Mendag: Harga Bahan Pokok Turun dan Pasokan Cukup

279
×

Kunjungi Pasar Karang Ayu Semarang, Mendag: Harga Bahan Pokok Turun dan Pasokan Cukup

Sebarkan artikel ini
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Kunjungi Pasar Ayu Semarang
Menteri Perdagangan Zulkifli hasan Kunjungi Pasar Ayu Semarang. (f/humas)

Mjnews.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, harga sejumlah barang kebutuhan pokok atau bapok di pasar Semarang, Jawa Tengah terpantau turun.

Tak hanya itu saja disampaikan Mendag Zulhas sapaan akrabnya bahwa di pasar Semarang juga pasokan-pasokannya bahan pokoknya (bapok) pun terpantau cukup.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Hal ini tergambar dari hasil pantauan harga-harga bapok yang dilakukan Mendag Zulkifli Hasan saat berkunjung ke Pasar Karang Ayu, Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu 11 Juni 2023 Hari ini.

Dalam peninjauan, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo.

“Kita pantau saat ini harga-harga bapok di Kota Semarang. Harga-harga tadi kita lihat turun. Daging ayam dari 40 ribu rupiah menjadi 38 ribu per kilogram, cabai 25 ribu per kilogram, bawang merah dan bawang putih kating sama-sama 35 ribu per kilogram. Telur ayam 31 ribu per kilogram. Kalau beras, standar. Masyarakat silakan berbelanja,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Secara umum, kondisi harga barang kebutuhan pokok cenderung stabil. Inflasi pada Mei 2023 tercatat terkendali di angka 4 persen (YoY), bahkan menjadi yang terendah dalam setahun terakhir. Khusus untuk minyak goreng, inflasi komoditas tersebut pada Mei 2023 (MoM) tidak memberikan andil inflasi .

Secara tahunan, minyak goreng terdeflasi 0,19 persen (YoY).Berdasarkan pantauan hari ini, semua harga komoditas pantauan tercatat stabil dibanding minggu lalu (31/5).

Beras medium Rp11.500/kg, beras premium Rp13.500/kg, gula pasir Rp14.000/kg, MINYAKITA Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp20.000/liter, tepung terigu Rp14.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, cabai merah keriting Rp25.000/kg, cabai merah besar Rp30.000/kg, dan cabai rawit merah Rp35.000/kg.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT