banner pemkab muba
BeritaPasaman BaratSumatera Barat

Mohammad Zenni Gantikan Armaizon sebagai Camat Sungai Aur, Pasbar

198
×

Mohammad Zenni Gantikan Armaizon sebagai Camat Sungai Aur, Pasbar

Sebarkan artikel ini
Mohammad Zenni Gantikan Armaizon sebagai Camat Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat
Mohammad Zenni Gantikan Armaizon sebagai Camat Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat. (f/pemkab)

Mjnews.id – Camat Sungai Aur berganti dari Armaizon kepada Mohammad Zenni. Pisah sambut dan serah terima jabatan itu dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Pasaman Barat (Pasbar), Hendra Putra dan Ketua TP. PKK Pasbar, Ny. Titi, di Aula Kantor Camat setempat, Senin 4 Maret 2024.

Setelah serah terima jabatan camat, di kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan sekaligus Sertijab Ketua TP. PKK Sungai Aur oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Pasaman Barat Ny. Titi Hamsuardi, dari Susi Armaizon kepada Henny Mohammad Zenni.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra yang membacakan sambutan bupati menyampaikan bahwa proses promosi rotasi dan reshuffle dalam pemerintahan merupakan sebuah kebutuhan. Bukanlah suatu fenomena birokrasi yang luar biasa.

Rotasi dilaksanakan guna memenuhi berbagai tantangan dan kebutuhan yang berkembang pada internal perpisahan itu sendiri.

Lanjutnya, Camat juga diharapkan dapat memanfaatkan seluruh potensi baik Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam dalam wilayah kerja untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta demi kemajuan wilayah.

Merangkul dan mengayomi segenap elemen yang ada dalam wilayah demi terwujudnya situasi dan kondisi yang tentram tertib dan harmonis serta melakukan komunikasi dan koordinasi yang maksimal dengan seluruh OPD serta unsur Muspika.

“Kami juga mengharapkan agar camat mencarikan solusi dengan cepat dan tepat dalam menyelesaikan berbagai masalah dengan berpedoman pada ketentuan yang ada. Tanpa mengabaikan musyawarah dan adat istiadat setempat serta senantiasa berada di tengah masyarakat untuk memfasilitasi segala urusan pemerintahan,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, camat sebagai perangkat daerah juga mempunyai kekhususan dalam melaksanakan tupoksinya untuk mendukung pelaksanaan asas desentralisasi, yaitu adanya suatu kewajiban untuk mengintegrasikan nilai-nilai sosial kultural, menciptakan stabilitas dalam dinamika politik ekonomi dan budaya untuk mengupayakan terwujudnya ketertiban dan ketentraman wilayah sebagai perwujudan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun integritas kesatuan wilayah.

Dalam hal ini fungsi utama Camat selain memberikan pelayanan kepada masyarakat juga melakukan tugas-tugas pembinaan wilayah.

“Pada kesempatan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan terima kasih pada seluruh lapisan masyarakat Sungai Aur atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini kepada saudara Armaizon. Semoga dukungan yang sama dapat pula diberikan kepada camat yang baru. Kami titipkan camat yang baru Mohammad Zenni kepada Niniak Mamak, Bundo Kandung, dan seluruh tokoh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP.PKK Pasbar Ny. Titi Hamsuardi mengatakan bahwa pelantikan camat ini tentu menyebabkan terjadinya perubahan terhadap kepengurusan PKK di kecamatan terutama ketua PKK kecamatannya.

Karena siapapun yang menjadi ketua PKK Kecamatan tertitip amanah untuk memberdayakan masyarakat terutama perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Ia juga meminta kepada ketua PKK yang baru agar segera menyusun program kerja yang hendak dijalankan, pelajari aturan-aturan terkait dengan pedoman kerja dan selalu mengutamakan kader-kader PKK di kecamatan dan nagari dalam membantu pemerintah daerah untuk pemberdayaan dan memajukan masyarakat.

“Kami atas nama pengurus PKK kabupaten juga mengucapkan terima kasih kepada ketua PKK yang lama yang telah menjalankan tugas dan program kerja dengan baik,” jelasnya.

Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, dijelaskan bahwa gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang selanjutnya disebut dengan gerakan PKK adalah gerakan dalam membangun masyarakat yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat.

“Sehubungan dengan itu PKK Kabupaten, Kecamatan dan Nagari agar melaksanakan kegiatan PKK tahun 2024 yang berhubungan dengan kegiatan 10 program pokok PKK berupa kegiatan pengelolaan Dasawisma dan tertib administrasi PKK, mendukung program magrib mengaji, dan pelatihan pengelolaan kelompok UP2K PKK,” kata Ny. Titi Hamsuardi mengakhiri sambutannya.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600