BeritaKabupaten AgamSumatera BaratWisata

Halal Tourism Hub Buya Hamka Segera Jadi Ikon Baru Pariwisata Ramah Muslim Nasional

234
×

Halal Tourism Hub Buya Hamka Segera Jadi Ikon Baru Pariwisata Ramah Muslim Nasional

Sebarkan artikel ini
Topping Off Ceremony Halal Tourism Hub Buya Hamka
Topping Off Ceremony Halal Tourism Hub Buya Hamka. (f/pemkab)

Mjnews.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI), melalui Lembaga Wakaf MUI, bersama Bank Indonesia membangun gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka, di tepi Danau Maninjau, Sungai Batang, Kabupaten Agam.

Ini sebagai program percontohan (pilot project) pengembangan pariwisata ramah muslim (PRM) di kawasan Danau Maninjau, Sumatera Barat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Hub wisata halal ini akan menjadi pusat informasi dan pemasaran pariwisata ramah muslim dan UMKM halal masyarakat di kawasan Danau Maninjau dan sekitarnya.

Pembangunan tahap 1 Halal Tourism Hub Buya Hamka dimulai sejak bulan Desember 2023 dan diproyeksikan selesai pada April 2024.

Saat ini perkembangan pembangunan sudah mencapai 50 persen lebih dan dalam proses pemasangan atap.

Sekretaris Jenderal MUI, Dr. Amirsyah Tambunan, MA bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti, dan Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, Imam Hartono, didampingi Sekretaris Lembaga Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Dhika Yudistira, dan Wali Nagari Sungai Batang Ahsin Chaniago serta ahli waris keluarga Buya Hamka dan keluarga Fatimah Karim Amrullah – AR Sutan Mansur, melaksanakan penutupan atap (topping off) gedung Halal Tourism Hub Buya Hamka secara simbolik, di Sungai Batang, Agam, Sabtu 9 Maret 2024.

Sekjen MUI memaparkan, pembangunan PRM ini sebagai apresiasi kepada tokoh bangsa Buya Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA), yang juga merupakan salah satu pendiri dan menjadi Ketua MUI pertama.

Buya Hamka mengajarkan kepada kita banyak hal, gagasan, pemikiran, budaya, dan karya yang menjadi tuntunan dan teladan masyarakat Indonesia dan dunia.

“Kita melengkapinya dengan membangun Halal Tourism Hub Buya Hamka,” kata Sekjen MUI.

Amirsyah berharap ini akan menjadi ikon pariwisata halal Sumatera Barat yang akan menjadi contoh dan diduplikasi di berbagai daerah lainnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT