BeritaKemensosPesisir SelatanSumatera Barat

Sebagian Area Banjir dan Longsor di Pessel Sulit Dijangkau, Mensos Fokus Pemenuhan Kebutuhan Ini

148
×

Sebagian Area Banjir dan Longsor di Pessel Sulit Dijangkau, Mensos Fokus Pemenuhan Kebutuhan Ini

Sebarkan artikel ini
Mensos Tri Rismaharini Tinjau Korban Banjir Dan Longsor Di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Mensos Tri Rismaharini tinjau korban banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. (f/humas)

Mjnews.id – Sebagian area yang dilanda banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, masih sulit dijangkau bantuan. Karenanya, Menteri Sosial Tri Rismaharini tak tinggal diam.

Pada Kamis 14 Maret 2024, Mensos pun meninjau langsung beberapa area di daerah itu untuk melihat kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir dan longsor, termasuk kebutuhan air bersih yang saat ini sangat mereka butuhkan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Nanti akan ada petugas untuk menyiapkan air bersih. Ini sudah kita siapkan. Insya Allah untuk dua desa cukup, meski tidak terlalu banyak,” tutur Mensos saat melihat kondisi warga yang masih sulit akses penyaluran bantuannya.

Saat meninjau kondisi daerah-daerah terdampak, Mensos juga berdialog langsung dengan warga dan menanyakan apa saja yang sangat dibutuhkan saat ini.

Segera, Mensos pun mengirimkan kebutuhan dasar yang diminta oleh warga, mayoritas berupa permintaan pangan, sandang, dan air bersih. Nantinya, kebutuhan seperti sandang tersebut akan dibagikan melalui pemerintah daerah terkait.

Selain kebutuhan dasar, tidak adanya penerangan juga menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan Mensos Risma karena hal tersebut bisa membahayakan warga.

Karenanya, Mensos juga menyerahkan dua unit genset lengkap agar bisa membantu penerangan warga.

Mensos Risma juga akan membantu alat berat untuk meringankan proses pembersihan lumpur yang masih menumpuk cukup tinggi di permukiman dan jalanan.

Meski untuk memulai kembali terasa berat, tapi Mensos mengimbau warga dan pemerintah setempat untuk bangkit dan terus bergerak.

“Saya akan membantu alat berat, tapi dikerjakan sendiri pembersihannya ya. Saya tahu ini berat, tapi kita harus terus bergerak agar bisa bangkit,” kata Mensos menyemangati pemerintah daerah dan warga yang turut hadir di lokasi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT