BeritaKepulauan RiauKota Tanjungpinang

Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional, Kunjungi Mall Ramayana Tanjungpinang

107
×

Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional, Kunjungi Mall Ramayana Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Gerakan Pangan Murah Serentak Secara Nasional Di Hotel Borobudur, Jakarta
Pembukaan Gerakan Pangan Murah serentak secara Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta. (f/pemprov kepri)

Mjnews.id – Menjelang Idul Fitri 2024, Badan Pangan Nasional (Bapanas) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang disejalankan dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin 1 April 2024.

Gubernur Kepulauan Riau diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Adi Prihantara bersama Pj. Walikota Tanjungpinang, Hasan diikuti oleh stakeholder terkait di bidang pangan di Kepri hadir langsung dalam Rakor tersebut melalui Zoom Meeting.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Sebanyak 341 titik di 300 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia serentak menggelar kegiatan GPM, di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Mall Ramayana Tanjungpinang.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang hari raya dan memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat Indonesia.

Arief juga mengatakan di momen seperti ini sangat penting kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pelaku usaha dan masyarakat dalam menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), terutama menjelang momen penting seperti Idul Fitri.

“Untuk itu, GPM ini hadir menjadi salah satu instrumen penting dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” kata Arief.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agri Bisnis Musdhalifah Machmud menggarisbawahi pentingnya kerja sama lintas sektor dan lintas daerah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri.

Musdhalifah melanjutkan, Apel Siaga HBKN ini juga bisa menjadi momentum bagi seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengambil langkah-langkah proaktif guna mewujudkan harga yang stabil dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga Idul Fitri dapat dirayakan dengan kedamaian dan keberkahan.

“Dengan semangat gotong royong dan kesadaran kolektif, kami yakin kita bisa bersama-sama merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita dan kebersamaan, sambil tetap menjaga stabilitas ekonomi dan kesejahteraan di Indonesia,” jelasnya.

Kami Hadir di Google News