BeritaPasaman Barat

Penanganan Banjir di Nagari Sinuruik dan Tabek Sirah Talu, Pemkab Pasbar Lakukan Hal Ini

82
×

Penanganan Banjir di Nagari Sinuruik dan Tabek Sirah Talu, Pemkab Pasbar Lakukan Hal Ini

Sebarkan artikel ini
Pemkab Pasbar Penanganan Banjir Di Nagari Sinuruik Dan Tabek Sirah Talu
Pemkab Pasbar Penanganan Banjir di Nagari Sinuruik dan Tabek Sirah Talu. (f/pemkab)

Mjnews.id – Pemkab Pasaman Barat (Pasbar) melakukan rapat koordinasi penanganan banjir bandang di Nagari Sinuruik dan Tabek Sirah Talu, Kamis 4 April 2024, di Kantor Wali Nagari Sinuruik.

Rakor itu dipimpin langsung oleh Bupati Hamsuardi, bersama Wakil Bupati Risnawanto, Kapolres Pasbar AKBP Agung Tribawanto, Sekda Hendra Putra dan OPD terkait lainnya.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam arahannya, Bupati Hamsuardi menginstruksikan pihak terkait agar segera melakukan pembersihan pada lebih kurang 200 rumah yang terdampak, membuat dapur umum, dan menginstrusikan camat hingga wali nagari mendata dengan baik hingga bantuan sembako yang akan dibagikan tepat sasaran.

“Di sini, kita bersama mengatasi permasalahan banjir yang sedang kita hadapi. Segera kerahkan semua pihak, buatkan dapur umum, lakukan pembersihan, hingga masyarakat bisa pulang ke rumahnya masing-masing. Beberapa rumah yang hanyut dan rusak berat agar kita pastikan di mana mereka tinggal sementara, makannya dan segalanya. Dengan kesabaran semoga ujian ini dapat kita hadapi bersama,” ucapnya.

Di samping itu, Wabup Risnawanto mengungkapkan bahwa komunikasi sebagai satu tim dalam percepatan penanggulanagan bancana ini sangatlah penting.

Ia juga menjelaskan bahwa selain rumah masyarakat terdampak, pembersihan sarana dan prasarana umum seperti musala, masjid, akses jalan juga sangatlah penting. Hingga masyarakat dapat tenang di hari raya yang tidak berapa lama lagi.

“Hingga saat ini, curah hujan masih tinggi, masyarakat masih merasa khawatir akan banjir yang meluap. Segera bersihkan puing-puing yang menghalangi arus sungai. Kepada yang hadir hari ini mungkin juga dapat memberi bantuan pakaian layak pakai bagi keluarga terdampak terutama anak-anak,” tambah Wabup Risnawanto.

Di samping itu, Kapolres Pasbar AKBP Agung Tribawanto yang telah menurunkan tim menyatakan siap berkoordinasi dan bekerja sama demi kemanusiaan dan membantu korban banjir.

Pada kesempatan itu, Pemkab Pasbar juga menyerahkan bantuan berupa sembako, tikar dan kebutuhan harian lainnya.

(wid)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT