BeritaKota Sawahlunto

Pengusaha Batu Bara Jhon Reflita Berbagi Zakat dan Bingkisan Lebaran di Sawahlunto

1703
×

Pengusaha Batu Bara Jhon Reflita Berbagi Zakat dan Bingkisan Lebaran di Sawahlunto

Sebarkan artikel ini
Pengusaha Batu Bara Jhon Reflita Berbagi Zakat Dan Bingkisan Lebaran Di Sawahlunto
Pengusaha Batu Bara Jhon Reflita Berbagi Zakat dan Bingkisan Lebaran di Sawahlunto. (f/yuni oktrianti)

Mjnews.id – Berbagi rezeki di bulan suci yang penuh berkah sangat dianjurkan bagi seluruh umat Islam yang mampu, sehingga masyarakat kurang mampu tersebut juga menikmati rezeki dari orang yang berbagi tersebut.

Anjuran tersebut mendorong salah seorang pengusaha batubara di Kota Sawahlunto, H. Jhon Reflita, berbagi rezeki lewat penyaluran zakat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam bincang-bincang bersama awak media di tengah kesibukannya mengatur para pekerja dan keluarga dalam menentukan daerah dan orang-orang yang berhak menerima zakat serta bingkisan Ramadan, Direktur CV. BMK ini menuturkan bahwa selain zakat wajib, apa yang dilakukannya ini adalah merupakan panggilan hati nuraninya kepada masyarakat yang membutuhkan agar dapat sama-sama merasakan indahnya suasana Hari Raya Idul Fitri.

“Ini sudah saya lakukan sejak lima tahun yang lalu. Apapun kondisi yang terjadi pada perusahaan, saya akan melakukan apapun untuk bisa berbagi rezeki yang saya terima sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dengan harapan dapat sedikit meringankan kebutuhan masyarakat dalam menghadapi hari raya Idul Fitri,” kata Jhon Reflita di rumahnya pada Jum’at 5 April 2024.

Ditemani anaknya, Bagas Panyusunan Nasution yang terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Dapil VI dari PKB pada Pemilu Legislatif 2024 lalu, Ia mengungkapkan bahwa ini juga merupakan amanah dari Walikota Sawahlunto yang telah berjasa besar dalam mengangkat kota ini di saat kondisi daerah nyaris mati suri pasca berhentinya operasi Tambang Batubara Ombilin oléh PT. Bukit Asam kepada pengusaha-pengusaha tambang batubara yang beroperasi di Sawahlunto.

“Tambang batubara saya legalkan untuk perusahaan-perusahaan putra daerah, sejahterakanlah masyarakat Sawahlunto. Itu pesan beliau yang selalu terngiang dan tertanam di batin saya hingga saat ini,” katanya.

“Semoga apa yang kami lakukan ini dapat sedikit meringankan beban kebutuhan dari orang-orang yang menerimanya, baik itu dari kaum Mustahiq, Dhuafa maupun masyarakat umum dalam menyambut datangnya hari yang fitri,” pungkas Jhon BMK.

Dari informasi pihak keluarga yang ikut membantu pengemasan paket-paket Lebaran yang berisi roti kaleng, sirup, kain sarung/mukena dan uang tunai, didapat informasi bahwa untuk tahun ini pengusaha tersebut menyalurkan zakat plus paket lebaran kepada kurang lebih 3.600 Mustahiq (orang yang berhak menerima zakat atau hasnaf yang ke delapan), 502 paket khusus untuk anak yatim, 65 paket untuk garin masjid, 173 paket lebaran untuk petugas kebersihan, 1.500 paket untuk masyarakat umum ditambah paket untuk orang-orang yang telah membantu putranya (Tim Sukses) pada pemilu Legislatif yang baru lalu.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT