BeritaPadang Panjang

Semarakkan Idul Fitri, Pemko Padang Panjang Gelar Takbir Keliling

645
×

Semarakkan Idul Fitri, Pemko Padang Panjang Gelar Takbir Keliling

Sebarkan artikel ini
Islamic Center Kota Padang Panjang
Islamic Center Kota Padang Panjang. (f/ist)

Mjnews.id – Jika tidak ada aral melintang dan tidak turun hujan, Pemko Padang Panjang semarakkan malam Idul Fitri 1445 Hijriah dengan takbir keliling, Selasa 9 April 2024.

Rencananya, takbir keliling dilakukan dengan iring-iringan ratusan kendaraan roda empat, serta melibatkan jemaah seluruh masjid, musala serta OPD di lingkungan Pemerintah Padang Panjang.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Sesuai jadwal, yang sudah disepakati, lokasi start di Masjid Manarul ‘Ilmi Islamic Center dan berakhir di depan Kantor Cabang BRI di Jalan Sudirman setelah mengitari rute yang dalam kota yang sudah disepakati.

Rute bakal dilalui pawai takbiran dimulai dari halaman Masjid Islamic Center berbelok ke arah Kantor Pertanian menuju Jalan Hamka. Berbelok ke Sigando, Ganting, RSUD, Fly Over, Terminal Bukit Surungan, Silaing Atas, Simpang Padang. Berbelok lagi ke Pasar Usang, pertigaan PDAM dan finish di depan Kantor Cabang BRI.

Keputusan, gelar takbir keliling diputuskan pada rapat persiapan Takbiran Keliling yang dipimpin Penjabat (Pj) Sekdako, Winarno, Rabu (3/4/2024) pekan lalu, di Ruang VIP Balai Kota.

Sesuai kesepakatan takbir keliling dilakukan seputaran Kota Padang Panjang.

Pj, Sekda Winarno mengatakan, selain menyemarakkan malam Idul Fitri, kegiatan ini bisa menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama masyarakat maupun pemerintah.

“Artinya, kegiatan tahunan ini bila dapat dibuat meriah,” katanya.

Sebagai kota Serambi Mekah, kegiatan pawai takbir keliling mencerminkan Padang Panjang sebagai gudangnya para ulama.

“Takbir Keliling ini sudah sembilan tahun tidak pernah digelar. Sekarang kita laksanakan kembali sebagai rasa syukur setelah menjalankan puasa selama satu bulan. Sebagai satu bentuk kesatuan dan persatuan di antara seluruh elemen,” tuturnya.

Berikut Rundown Acara Takbir Keliling Malam Ini :

Jadwal takbir keliling sebagai berikut, rombongan berkumpul di Islamic Center mulai pukul 19.15 WIB, Salat Isya berjamaah pukul 19.35 WIB di Masjid Agung Manarul ‘Ilmi Islamic Centre.

Usai pelepasan rombongan Takbiran Keliling oleh Pj. Wako bersama Forkopimda pada pukul 20.00 WIB.

Pada saat bersamaan, tim takbiran di Taman Mini Secata mulai Perform (pukul 20.00 WIB).

Iring-iringan takbir keliling mengikuti rute yang telah ditentukan dan finish di depan BRI Jl. Sudirman.

Untuk menghindari kemacetan rombongan langsung diarahkan ke Jalan Perintis Kemerdekaan Depan Bappeda.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT