BeritaPasaman Barat

Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat 2024

112
×

Ratusan Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat 2024

Sebarkan artikel ini
Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat 2024
Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat 2024. (f/pemkab)

Mjnews.id – Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024 resmi dimulai. Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama Kajari Pasbar, M. Yusuf Putra, Plt. Kaban Kesbangpol Yosmar Difia, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat dan stakeholder terkait secara resmi membuka seleksi tersebut.

Seleksi yang diikuti sebanyak 202 siswa itu digelar di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat 19 April 2024.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi mengimbau semua peserta Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 itu untuk semangat dan optimis dalam menjalankan seleksi.

“Dalam seleksi tentu ada yang lulus ada yang tidak. Bagi yang tidak lulus harus tetap semangat dan terus belajar. Sebaliknya, bagi yang lulus tidak boleh bangga hati serta menyombongkan diri. Kalian akan menjadi orang-orang hebat, kalianlah yang meneruskan estafet kepemimpinan di Pasbar nantinya,” pesan Hamsuardi.

Selain itu, Bupati juga menghimbau para peserta untuk menjaga fisik, menjaga mental dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Setelah lulus Paskibraka ini, kalian akan tergabung pada suatu organisasi yang sama-sama bertujuan untuk membangun Pasbar,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Hamsuardi juga menegaskan kepada peserta Paskibraka itu untuk mengetahui program unggulan Pasbar diantaranya pendidikan gratis tanpa pungutan, Berobat Gratis serta Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran.

Sementara itu, Plt. Kaban Kesbangpol Yosmar Difia dalam laporan pelaksanaan seleksi Paskibraka Pasbar 2024 menyebutkan bahwa Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024 diikuti oleh 53 sekolah tingkat SLTA/MAN sederajat.

Peserta seleksi Paskibraka mengikuti beberapa tahapan seleksi yang dimulai secara online, kemudian yang lolos tahap administrasi mengikuti seleksi pada hari itu. Peserta terpilih akan dikirim ke Provinsi Sumbar sebanyak 4 siswa dan 45 siswa untuk Pasbar.

“Kita telah menyurati sekolah SLTA/MAN sederajat. Seleksi diikuti oleh 53 sekolah dan dilakukan secara online pada tahap pertama. Pada tahap pertama itu, setiap peserta memiliki akun individu yang akan disaring berdasarkan administrasi. Peserta yang lulus seleksi administrasi berjumlah 202 siswa itulah yang hadir pada hari ini. Peserta terbaik dan terpilih nantinya akan diambil dan akan kita kirim ke tingkat provinsi sebanyak 4 siswa 2 PA dan 2 PI. Sementara untuk Pasbar sebanyak 45 siswa,” jelasnya.

(wid)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT