BeritaLimapuluh KotaSumatera Barat

Gubernur Sumbar Antar Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Lima Puluh Kota

194
×

Gubernur Sumbar Antar Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Lima Puluh Kota

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar Antar Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Dan Longsor Di Lima Puluh Kota
Gubernur Sumbar Antar Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Lima Puluh Kota. (f/pemprov sumbar)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau beberapa titik lokasi terdampak bencana banjir dan longsor di Pangkalan Koto baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kamis (28/12/2023).

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur juga mengantar langsung bantuan logistik untuk warga terdampak bencana, yang diterima untuk kemudian disalurkan kembali oleh Pemda setempat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kita turut berduka atas musibah banjir dan longsor yang terjadi di Pangkalan Koto Baru pada tanggal 25 dan 26 Desember lalu. Cukup banyak warga yang terdampak langsung, oleh karena itu Pemprov Sumbar lekas menyalurkan paket logistik untuk warga,” ucap Gubernur Mahyeldi usai penyaluran logistik kebencanaan di Posko Tanggap Bencana Pangkalan Koto Baru.

Ada pun bantuan yang disalurkan, sambung Gubernur, terdiri dari paket bantuan yang disiapkan Dinas Sosial (Dinsos) Sumbar senilai Rp41 juta lebih, serta paket bantuan yang disiapkan oleh BPBD Sumbar. Rinciannya, Dinsos Sumbar menyalurkan bantuan logistik APBD berupa gula, kopi, kental manis, dan teh senilai Rp3 juta lebih. Ditambah bantuan logistik APBN dari Gudang Dinsos Sumbar berupa 100 paket makanan siap saji, 80 paket makanan anak, selimut, kasus, family kit, hingga paket sandang dengan nilai mencapai Rp37 juta lebih.

Selain itu, Gubernur Sumbar juga menyalurkan bantuan yang disiapkan oleh BPBD Sumbar, berupa Paket Kebersihan Keluarga BNPB, Paket Perlengkapan Keluarga BNPB, serta Paket Keluarga BPBD Sumbar. Seluruh bantuan tersebut diserahkan Gubernur Mahyeldi kepada Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lima Puluh Kota, Herman Azmar.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengungkapkan bahwa masalah pemicu banjir di kawasan Pangkalan Koto Baru perlu disikapi dan didiskusikan secara lebih intensif oleh Pemerintah Pusat, Pemprov Sumbar, Pemkab Lima Puluh Kota, serta Pemprov Riau. Sebab, banjir sudah menjadi bencana tahunan, yang perlu disikapi lebih serius demi keselamatan warga.

“Untuk langkah yang lebih strategis, seperti PLTA Koto Panjang yang kita harapkan bisa menambah bukaan pintu pelimpah air waduk, sehingga potensi terjadinya banjir bisa ditekan. Dengan memperbanyak pintu air, akan berefek baik kepada warga daerah Kampar di Riau dan warga kita di Pangkalan Koto Baru,” ucap Gubernur.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT