banner pemkab muba
BeritaPasaman BaratSumatera Barat

Meriahkan HUT Pasaman Barat ke-20, Disdikbud Gelar Berbagai Lomba

278
×

Meriahkan HUT Pasaman Barat ke-20, Disdikbud Gelar Berbagai Lomba

Sebarkan artikel ini
Disdikbud Pasbar Gelar Berbagai Lomba
Disdikbud Pasbar Gelar Berbagai Lomba. (f/pemkab pasbar)

Mjnews.id – Program Unggulan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yakni Tahfiz Alquran ikut dilombakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman Barat yang ke-20 tahun 2024. Lomba yang digelar di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasbar itu, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Agusli, Kamis (4/1/2024).

Selain lomba Tahfiz Alquran, kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan itu juga diisi dengan lomba salat jenazah dan lomba azan yang terpusat di masjid lingkungan Dinas Pendidikan Pasbar. Sedangkan untuk peserta lomba berasal dari seluruh SD dan SMP se-Pasbar utusan dari masing-masing sekolah.

Sementara itu, adapun materi yang dilombakan adalah surat Al-Baqarah ayat 1 hingga ayat 70, Juz 30 diantara surat Ad huha dan surat An Nas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Agusli menjelaskan bahwa lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Pasaman Barat yang jatuh pada 7 Januari mendatang. Terkait dengan program Pemda Pasbar tentang Tahfiz Alquran di bawah kepemimpinan Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto yang ingin program tersebut berjalan dengan maksimal.

“Kita harus mencetak generasi muda yang pintar dari segala sisi, pintar dari pengetahuan umum dan pintar dari ilmu agama,” kata Agusli.

Ia menambahkan, ibadah dasar ini harus diberikan pemahamannya kepada anak SD dan SMP. Sehingga generasi muda di Pasbar kelak bisa menjadi imam sholat jenazah, adzan dan ibadah lainnya. Sehingga tidak ada lagi nanti di Masjid yang imam Khatib berhalangan hadir tidak ada yang menggantikan.

“Inilah yang coba kita pahami sebagai guru, sesuai dengan harapan dari pemimpin kita. Karena untuk mewujudkan program tersebut tidak hanya segelintir saja atau pimpinan saja. Harus didukung oleh guru dan kita semua,” jelasnya.

Ia juga berharap kelak nanti di pesantren ramadhan tentang pengetahuan dasar ibadah ini juga harus diikutsertakan. Sehingga semua generasi muda memahami ibadah dasar itu.

“Sekarang baru kita lombakan. Kita harapkan program ini dimasukkan ke kurikulum jika nanti ada pesantren ramadhan. Karena harapan dari Bapak Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto agar generasi muda Kabupaten Pasaman Barat ke depan mampu bersaing di segala bidang. Baik di bidang pengetahuan umum maupun di pengetahuan agama. Untuk pemenang nanti kita sudah siapkan hadiah nya berupa uang tunai dan trophy,” terangnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600