BeritaPadang PanjangSumatera Barat

Abu Vulkanik Gunung Marapi Beterbangan, Damkar Padang Panjang Bersihkan Jalan dan Perkantoran

381
×

Abu Vulkanik Gunung Marapi Beterbangan, Damkar Padang Panjang Bersihkan Jalan dan Perkantoran

Sebarkan artikel ini
Damkar Padang Panjang Bersihkan Jalan Dan Perkantoran
Damkar Padang Panjang Bersihkan Jalan dan Perkantoran. (f/ist)

Mjnews.id – Semburan abu vulkanik gunung Marapi yang belum mereda. Satu bulan berlalu, aktivitas Gunung Marapi belum berhenti memuntahkan abu vulkanik. Daerah terparah, yang kena imbasnya, Tanah Datar dan Kota Padang Panjang. Untuk itu, Pemadam Kebakaran (Damkar) lakukan penyemprotan tumpukan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Marapi di sejumlah ruas jalan Kota Padang Panjang, Jumat (5/1/2024).

Erupsi Marapi yang terus berlangsung sejak 3 Desember 2023 lalu, terus terjadi. Padang Panjang sebagai salah satu kota terdekat dari gunung ini, kerap dihujani abu vulkanik bila hembusan angin menuju ke arah kota.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Seperti yang terjadi hari Jumat kemaren, abu vulkanik yang turun bersamaan dengan hujan pagi menyebabkan ruas jalan becek menghitam seperti berlumpur. Menjelang siang, abu vulkanik yang mengering menjadi debu yang beterbangan sehingga mengganggu kenyamanan dan mengancam kesehatan warga.

Melihat kondisi tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, menginstruksikan pada Damkar untuk melakukan penyemprotan badan jalan dan kantor pemerintahan. Hal tersebut dikatakan Kasat Satpol PP Damkar, Benny, kepada Mjnews.id. “Penyiraman jalan diawali dari pertigaan PDAM menuju Balai Kota. Lalu dari Simpang Lapan ke arah pertigaan PDAM dengan menggunakan dua armada mobil Damkar,” ujar Sang Kasat.

Penyemprotan jalan dilakukan guna mengurangi debu yang beterbangan di jalan raya. Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena debu dapat mengganggu kesehatan masyarakat, terutama serangan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat partikel debu vulkanik.

“Selain membersihkan, penyemprotan ini juga dilakukan untuk menjaga kebersihan jalan raya, mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat debu. Ini juga menjadi tanggung jawab kami menjaga kondisi yang nyaman dan tenteram bagi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” ucapnya.

Sebagai informasi, jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan pembersihan fasilitas umum, seperti masjid, jalan atau fasum lainnya, dapat menghubungi kontak yang ada di akun sosial media Satpol PP Damkar Padang Panjang.

“Intinya, pihaknya siap sepanjang waktu. Bila, ada masyarakat jalan dan fasilitas umum yang terkena dampak abu. Sat Pol PP Damkar, dengan senang hati menjalankan tugas mulia ini demi kepentingan bersama dan orang banyak. Sekali lagi, pihaknya tidak segan-segan melakukan tugas ini, selagi masyarakat mau memberitahukan,” terang Kasat Muda berdegap ini menyelaskan.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT