BeritaKota PadangSumatera Barat

Ini Rincian Capaian dan Rencana Program Dinas Perkim Kota Padang

423
×

Ini Rincian Capaian dan Rencana Program Dinas Perkim Kota Padang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perkim Kota Padang, Raf Indria
Kepala Dinas Perkim Kota Padang, Raf Indria. (f/obral)

Mjnews.id – Rencana program kegiatan Dinas Perkim (Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman) Kota Padang menggunakan pagu dana tahun anggaran 2024 memerlukan sebanyak Rp. 78, 950 miliar lebih untuk 6 program, 15 kegiatan, dan 62 sub kegiatan.

“Dari total pagu dana tahun anggaran ini juga diperlukan mensupport Pokok-pokok Pikiran Rakyat (Pokir) anggota legislatif di DPRD Kota ini sebanyak Rp32,3 miliar,” kata Kepala Dinas Perkim Kota Padang, Raf Indria, ST, MT saat dijumpai oleh awak media ini di kantornya, Selasa 16 Januari 2024.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Menurut Raf Indria, pada rapat staf bulanan Dinas Perkim, pada 9 Januari 2024 lalu, telah menetapkan progres rencana kegiatan, target, proses pelaksanaan, dan jadwal pelaksanaan terhadap 6 program, 15 kegiatan, dan 62 sub kegiatan.

Antara lain-dari 6 program tersebut adalah penunjang urusan pemerintah daerah kota ini Rp13, 443 miliar lebih, pengembangan perumahan Rp3,506 miliar lebih, kawasan permukiman Rp.15, 722 miliar lebih, perumahan dan kawasan permukiman kumuh Rp. 3, 178 miliar lebih, peningkatan prasarana/sarana dan utilitas umum Rp42,044 miliar lebih, dan peningkatan pelayanan sertifikasi/kualifikasi/klasifikasi dan registrasi bidang perumahan dan kawasan permukiman juga sebanyak Rp43,044 miliar lebih.

Lanjutnya, rencana pelaksanaan kegiatan anggaran tahun untuk 20 unit rumah dengan rincian tentang perbaikan rumah tidak layak huni, pelaksanaan fisik Bulan Mei tahun ini.

Perbaikan rumah tidak layak huni untuk pencegahan terhadap tumbuh dan berkembangnya permukiman kumuh di luar kawasan permukiman kumuh seluas 10 hektar dengan target 53 unit rumah, pelaksanaan fisik Bulan Mei.

Pembangunan rumah bagi korban bencana sebanyak 4 unit rumah sistim pengadaan langsung dengan mekanisme penyaluran Penataan Ruang Lingkungan Hidup (RTLH) pada Januari, rekrutmen fasilitator dan kontrak fasilitator/Februari, validasi dan verifikasi usulan/Maret, perencanaan Maret hingga April, tahapan pengadaan/April, pelaksanaan fisik/Mei.

Selanjutnya, terkait dengan pembangunan rumah bagi korban bencana sekira target 4 buah rumah secara swakelola/tentatif berdasarkan apa bila terjadinya bencana, termasuk 4 unit rumah rehabilitasi rumah bagi korban bencana.

Ada pun rencana kegiatan penertiban izin pembangunan dan pengembangan kawasan permukiman meliputi 2 dokumen, 12 laporan, plus 1 laporan, pelaksanaan swakelola-survei data base sanitasi Kota Padang, laporan hasil koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan kawasan permukiman dan permukiman kumuh, laporan SPM air minum dan air limbah dengan jadwal pelaksanaan dari Januari hingga Desember.

Kegiatan penataan dan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh seluas dibawah 10 hektar dengan target 4 dokumen, proses pelaksanaan swakelola-dokumen Strategi Sanitasi Kota/SSK Kota Padang, kebijakan PKP yang tersusun/tereview/terlegalisasi, rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan Kumuh (RP2KPKPK) Kota Padang, dan rencana kawasan permukiman Kota Padang masing-masing dengan jadwal pelaksanaan Januari hingga Desember.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT