ADVERTISEMENT
BeritaKepulauan Riau

Berkat Kepri Terang, Masyarakat Dendun di Bintan Kini Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

71
×

Berkat Kepri Terang, Masyarakat Dendun di Bintan Kini Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad Resmikan Pemakaian Listrik Di Desa Dendun, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad resmikan pemakaian listrik di Desa Dendun, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan. (f/diskominfo kepri/harun rasyid)

Mjnews.id – Penantian panjang masyarakat Pulau Dendun di Kabupaten Bintan untuk merasakan listrik 24 jam tuntas sudah. Sebelumnya hanya menyala 14 jam.

Komitmen Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad dengan program ‘Kepri Terang’-nya, berhasil mewujudkan impian masyarakat Dendun. Beroperasinya mesin 200 kVa milik Pemprov Kepri yang direlokasi dari Mantang menggenapi nyalanya listrik di Dendun.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Masyarakat tampak antusias menyambut rombongan Gubernur Ansar, terlihat dari penyambutan dari pelabuhan hingga ke tempat acara.

“Kita relokasi dan perbaiki mesin genset yang di Mantang, kita pindahkan ke Dendun supaya masyarakat di sini bisa hidup terus listriknya 24 jam,” kata Gubernur Ansar saat meresmikannya nyala listrik 24 jam di Desa Dendun, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan, Senin 5 Februari 2024.

Mesin yang telah beroperasi tersebut akan dikelola oleh PT PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang.

Gubernur Ansar mengungkapkan, ke depannya listrik di Dendun akan dialiri melalui kabel bawah laut dari Mantang. Selanjutnya mesin diesel di Pulau Dendun akan dipindahkan ke Pulau Numbing.

Ansar Ahmad juga menyampaikan pesan kepada masyarakat Dendun yang telah menikmati hidupnya listrik selama 24 jam agar benar-benar memaksimalkannya untuk kegiatan produktif untuk peningkatan ekonomi.

Baca Juga  PT Semen Padang Overhaul Pabrik Indarung VI

“Sekarang listriknya sudah nyala 24 jam, jadi manfaatkanlah betul-betul untuk kegiatan usaha atau produktif di siang hari, malam hari pun anak-anak bisa belajar dengan tenang sekarang,” kata Gubernur Ansar.

Tidak hanya meresmikan nyala listrik 24 jam, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan pangan pemerintah berupa beras 10 kg untuk masyarakat Dendun. Ada 197 penerima bantuan di Pulau Dendun yang menerima bantuan beras 10 kg selama tiga bulan.

“Bantuan ini adalah bentuk intervensi pemerintah untuk mengendalikan inflasi dan menjaga ketahanan pangan masyarakat, kita berterima kasih kepada pemerintah pusat yang terus memberikan bantuan seperti ini untuk Kepri,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar lalu melanjutkan Kunjungan Kerjanya ke Pulau Telang Kecil, Kabupaten Bintan dalam rangka Silaturahmi dengan Masyarakat bertempat di Halaman Masjid An-Nur, Pulau Telang Kecil.

Silaturahmi dengan Masyarakat saat ini merupakan agenda rutin Gubenur Ansar dalam rangka menyampaikan berbagai capaian prioritas pembangunan dan juga merupakan sarana untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait kebutuhan pembangunan yang prioritas dibutuhkan masyarakat yang perlu menjadi perhatian pemerintah.

Baca Juga  Pindah Tugas Jadi Direktur BAIS TNI, Laksma Kemas Silaturahmi Bersama Gubernur Kepri

Kepada masyarakat Pulau Telang Kecil Gubernur Ansar menjanjikan akan ketersediaan listrik 24 Jam dengan pola penerangan disiang hari menggunakan Solar Cell dan malam hari menggunakan mesin diesel.

Untuk sollar cell akan diusahakan secepatnya ditahun ini agar masyarakat bisa segera menikmati listrik 24 Jam.

Kemudian perbaikan pelabuhan masyarakat akan dianggarkan pada anggaran perubahan tahun 2024 atau paling lambat pada tahun anggaran 2025. Program bantuan lain juga akan dilanjutkan kepada masyarakat nelayan, diantaranya bantuan kapal, bantuan alat tangkap serta bantuan BPJS bagi Nelayan.

Begitu juga program pemberian sertifikat bagi rumah nelayan agar tanah dan bangunan yang agar memiliki kekuatan hukum.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur didampingi oleh Ketua TP-PKK Kepri yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Hj. Dewi Kumalasari dan Bupati Bintan Roby Kurniawan serta beberapa Kepala OPD Kepri dan OPD Kabupaten Bintan.

(*)

Kami Hadir di Google News