ADVERTISEMENT
EkonomiKabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Bupati Dharmasraya Groundbreaking Pembangunan Pasar Rakyat Modern Nagari Sungai Rumbai

196
×

Bupati Dharmasraya Groundbreaking Pembangunan Pasar Rakyat Modern Nagari Sungai Rumbai

Sebarkan artikel ini
Groundbreaking Pembangunan Pasar Rakyat Modern Nagari Sungai Rumbai Di Kabupaten Dharmasraya, Sumbar
Groundbreaking Pembangunan Pasar Rakyat Modern Nagari Sungai Rumbai di Kabupaten Dharmasraya, Sumbar. (f/pemkab)

Mjnews.id – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan laksanakan ground breaking pembangunan Pasar Rakyat Modern Nagari Sungai Rumbai, Jum’at 2 Februari 2024, dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat.

Pasar modern ini direncanakan memiliki konsep yang lebih modern dan akan menjadi bagian dari upaya peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Pasar tersebut akan dibangun di atas tanah seluas sekitar 5 hektare, dengan luas bangunan mencapai 12.256 m2 dan direncanakan akan memiliki dua lantai. Lokasinya strategis, berada di persimpangan jalan menuju Kabupaten Solok Selatan yang baru dibuka.

Pembangunan pasar ini merupakan hasil dukungan dari pemerintah pusat, dan Bupati Sutan Riska menyampaikan terima kasih atas kepercayaan tersebut.

“Ini merupakan kepercayaan yang luar biasa kepada kita, mudah-mudahan apa yang sudah dibangun dan dipercayakan pemerintah pusat kepada kita dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sutan Riska.

Baca Juga  Master Nasional Ini Berbagi Ilmu di Sahabat Catur RM BANG BONAR

Bupati Sutan Riska berharap pasar modern ini akan menjadi bagian dari warisan positif pemerintahannya untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Dharmasraya dan sekitarnya.

Dia juga menyoroti pentingnya dukungan dan kerjasama dari semua pihak, termasuk anggota DPRD Dharmasraya, dalam proses pembangunan ini.

“Apresiasi kami berikan kepada OPD terkait beserta seluruh jajaran. Selain itu juga kepada pimpinan dan anggota DPRD Dharmasraya atas kerjasama yang baik selama ini dalam membangun Dharmasraya,” lanjutnya.

Pembangunan pasar ini diharapkan akan menjadi salah satu penunjang pertumbuhan ekonomi di Sungai Rumbai dan Kabupaten Dharmasraya secara keseluruhan. Proyek ini menjadi bagian dari tugas tambahan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga  Mendag Cek Pasar Peterongan dan Pasar Murah di Semarang

“Kalau akses ke Solok Selatan hingga Pesisir Selatan selesai dibangun, tentu pasar ini akan menjadi salah satu penunjang Sungai Rumbai dan Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu sentra pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Pasar Rakyat Modern di Sungai Rumbai diharapkan dapat menampung sekitar 788 pedagang, mencakup berbagai jenis kios, los meja, dan hamparan. Total biaya proyek ini diperkirakan mencapai Rp.85 miliar dan akan dikerjakan oleh PT. Adhi Persada Gedung.

“Bagunan pasar terdiri dari 2 massa bangunan yaitu pasar kering dengan luas bangunan 9.669 m2 dan pasar basah dengan luas bangunan 1.574 m2. Pasar rakyat modern yang kita bangun ini bisa menampung sebanyak 788 pedagang yang terdiri dari 347 kios, 66 los meja dan 375 hamparan”, tukasnya.

(Wahyu)

Kami Hadir di Google News