Gaya Hidup

8 Tips Cara Periksa Keamanan Digital untuk Melindungi Diri dari Mantan

158
×

8 Tips Cara Periksa Keamanan Digital untuk Melindungi Diri dari Mantan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Periksa Keamanan Digital
Ilustrasi.

MJNEWS.ID – Jika Anda merasa tidak nyaman terhadap ancaman dari mantan, Anda perlu segera memeriksa keamanan digital.

Tips ini semoga membantu Anda untuk keamanan digital serta melindungi diri Anda dari mantan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Ganti kata sandi

Mulailah dengan mengganti semua kata sandi yang Anda gunakan untuk akun-akun online Anda, seperti media sosial, email, perbankan, dan lainnya. Pastikan menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk setiap akun.

  1. Perbarui keamanan akun

Periksa pengaturan keamanan di akun-akun online Anda. Aktifkan autentikasi dua faktor jika tersedia, yang akan memberikan lapisan keamanan tambahan dengan memerlukan kode verifikasi selain kata sandi.

  1. Periksa izin aplikasi

Pastikan untuk memeriksa izin aplikasi yang terhubung dengan akun media sosial Anda. Hapus akses aplikasi yang tidak diakui atau tidak Anda gunakan lagi.

  1. Batasi informasi pribadi

Periksa profil media sosial Anda dan pastikan informasi pribadi yang sensitif, seperti alamat atau nomor telepon, tidak terlihat oleh publik. Sesuaikan pengaturan privasi Anda untuk membatasi akses ke informasi pribadi Anda.

  1. Periksa perangkat yang terhubung

Pastikan tidak ada perangkat yang tidak dikenal terhubung ke akun online Anda. Periksa dan keluarkan izin perangkat yang tidak dikenal atau tidak digunakan lagi.

  1. Hapus atau blokir mantan dari media sosial

Jika Anda merasa perlu, pertimbangkan untuk menghapus atau memblokir mantan Anda dari media sosial Anda. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan interaksi dan akses mereka terhadap informasi pribadi Anda.

  1. Jaga privasi Anda

Selalu berhati-hati dengan informasi yang Anda bagikan secara online. Hindari memposting informasi pribadi yang sensitif dan berhati-hatilah dengan siapa Anda berbagi informasi pribadi melalui pesan atau email.

  1. Periksa aktivitas mencurigakan

Periksa aktivitas online Anda secara rutin. Perhatikan tanda-tanda aktivitas mencurigakan, seperti perubahan kata sandi yang tidak Anda lakukan, pesan yang tidak Anda kirim, atau aktivitas yang tidak Anda kenali. Jika Anda melihat hal-hal ini, segera laporkan dan ambil langkah-langkah untuk mengamankan akun Anda.

Selalu penting untuk menjaga keamanan digital Anda. Jika Anda merasa terancam atau mengalami pelecehan secara online, segera hubungi pihak berwenang dan cari bantuan dari ahli keamanan digital. Saya harap tips ini membantu.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT