ADVERTISEMENT
KemenagKepulauan Riau

Menteri Agama dan Gubernur Kepri Silaturahmi dengan Umat Buddha di Tanjungpinang

83
×

Menteri Agama dan Gubernur Kepri Silaturahmi dengan Umat Buddha di Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini
Menteri Agama Menandatangani Prasasti Peresmian Pagoda Sata-Sahasra Buddha, Tanjungpinang
Menteri Agama menandatangani prasasti peresmian Pagoda Sata-Sahasra Buddha, Tanjungpinang. (f/diskominfo kepri)

Mjnews.id – Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (14/1/2024). Dalam kunjungannya, Menag didampingi oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, bersilaturahmi dengan umat Buddha di Pagoda Sata-Sahasra Buddha, Tanjungpinang.

Menag juga menandatangani prasasti peresmian pagoda yang telah diresmikan sejak 8 Juli 2023, yang berhasil menyabet 2 rekor MURI sekaligus sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dan pagoda dengan ornamen keramik motif Buddha terbanyak.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

Menag mengapresiasi perhatian Gubernur Kepri terhadap moderasi beragama di provinsi heterogen ini. Ia menekankan bahwa agama merupakan tonggak penting kehidupan bernegara yang harus dijaga dan dikembangkan. Menag menyatakan rasa senang dan takjub melihat pagoda yang megah ini, berharap pagoda tersebut menjadi destinasi wisata heritage Kepri dan dapat dibuka untuk seluruh umat.

Baca Juga  Fohowey Internasional Perkenalkan Alat Terapi Kesehatan di RSUD RAT Tanjungpinang

Menag juga menekankan pentingnya menjaga persaudaraan antara umat beragama di Indonesia, menyatakan bahwa perbedaan agama tidak akan menghalangi rasa persaudaraan. Ia mengajak semua umat beragama menjaga keutuhan bangsa, meresapi keberagaman sebagai kekuatan, dan bersama-sama menjaga Indonesia merdeka.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyambut baik kedatangan Menag, menyebutnya sebagai tokoh pluralis muda di Indonesia, dan mengucapkan terima kasih kepada semua umat yang menjaga toleransi dan moderasi beragama di Kepri. Gubernur berharap hadirnya pagoda ini dapat menambah ikon pariwisata Kepri dan menyampaikan beberapa program strategis dalam penguatan moderasi beragama di Kepri.

Baca Juga  Menteri Agama: Selamat Hari Pers Nasional

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan Bantuan Hibah kepada Rumah Ibadah, termasuk Vihara sebagai Rumah Ibadah Agama Buddha, di 7 Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau. Juga disampaikan tentang bantuan berupa Dana Insentif kepada Tim Pembinaan dan Pengawasan Keagamaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau, termasuk pemuka agama Buddha.

Kami Hadir di Google News