KemensosLampung

Mensos Bantu Pengobatan Dua Warga Lampung

285
×

Mensos Bantu Pengobatan Dua Warga Lampung

Sebarkan artikel ini
Mensos Bantu Pengobatan Dua Warga Lampung
Mensos Bantu Pengobatan Dua Warga Lampung. (f/humas)

Adapun Arma mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa pakaian, nutrisi, kebutuhan dasar, biaya perawatan kesehatan, dan modal usaha senilai Rp18 juta. Sedangkan dari hasil donasi kitabisa.com terkumpul sebesar Rp49,2 juta.

Suranto penderita kanker wajah selama 10 tahun terakhir. Warga Desa Kalidadi, Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah itu, sudah menjalani 4 kali operasi, namun kondisinya belum membaik. Semua biaya operasi ditanggung oleh BPJS Mandiri.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Namun sejak tahun 2019 hingga sekarang belum pernah dilakukan penanganan medis karena iuran BPJS Mandiri kelas 3 sebesar Rp140 ribu per bulan untuk empat anggota keluarga tidak terbayar. Tunggakan BPJS Mandiri sampai Maret 2023 sebesar Rp2,97 juta.

Sebelum sakit, Suranto bekerja sebagai buruh kebun jagung dengan upah Rp25.000 per hari. Sedangkan istrinya, Mariyam (48) pernah berjualan pecel di depan rumah dengan rata-rata penghasilan bersih per hari Rp40.000. Setelah Suranto sakit, istrinya tidak berjualan lagi, karena merawat suaminya dan kehabisan modal usaha.

Adapun Kemensos melalui Sentra Wyata Guna di Bandung melakukan intervensi dengan memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar sembako dan nutrisi, bantuan uang pelunasan BPJS, dan membantu memproses pengalihan dari BPJS Mandiri ke BPJS PBI.

Kemensos memberikan bantuan ATENSI berupa Pemenuhan Kebutuhan Dasar senilai Rp11 juta, sedangkan dari kitabisa.com sebesar Rp70,1 juta.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT