KemensosSumatera Selatan

Cuma Nelpon, Disabilitas Netra Ini Dapat Bantuan Tongkat Canggih dan Modal Usaha

268
×

Cuma Nelpon, Disabilitas Netra Ini Dapat Bantuan Tongkat Canggih dan Modal Usaha

Sebarkan artikel ini
Busro (55), Disabilitas Netra asal Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, dapat bantuan tongkat canggih dan modal usaha dari Kemensos
Busro (55), Disabilitas Netra asal Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, dapat bantuan tongkat canggih dan modal usaha dari Kemensos. (f/humas)

Mjnews.id – Seorang penyandang disabilitas netra asal Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Busro (55), mendapat bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Budi Perkasa di Palembang.

Bantuan yang diterima berupa tongkat penuntun adaptif (TPA) dengan teknologi mutakhir serta bantuan penambahan modal usaha.

Busro menghubungi command center milik Kementerian Sosial di nomor 171 atas saran seorang rekannya di Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Riau.

Ia mengalami kebutaan akibat kegagalan operasi katarak. Selanjutnya Busro harus bergantung kepada orang lain saat bekerja.

Sehari-hari, Busro bekerja serabutan seperti tukang pijat, menjual pulsa dan menjual tabung gas. Pendapatannya dari pijat tidak menentu karena lokasi tempat tinggal agak jauh dari jalan raya, sedangkan penjualan tabung gas sudah terhenti karena kehabisan modal.

Kepala Sentra Budi Perkasa, Gini Toponindro mengatakan pihaknya merespon aduan Busro dengan melakukan asesmen dan intervensi sesuai kebutuhannya.

“Dari hasil asesmen diketahui Pak Busro ini bekerja sebagai tukang pijat, tapi kemana-mana membutuhkan bantuan istrinya. Makanya kami berikan tongkat penuntun adaptif atau TPA yang canggih ” kata Gini Toponindro, Rabu 7 Februari 2024.

Tongkat ini selain gampang dilipat oleh penggunanya, juga sangat canggih karena dilengkapi alarm bahaya yang bisa mendeteksi adanya genangan air, kobaran api serta kebocoran gas.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600