banner pemkab muba
Kepulauan Riau

Pemprov Kepri Bantu Rp 1 Miliar, BNPB Bantu 5 Motor dan 1 Mobil Dapur untuk Korban Longsor di Serasan, Natuna

141
×

Pemprov Kepri Bantu Rp 1 Miliar, BNPB Bantu 5 Motor dan 1 Mobil Dapur untuk Korban Longsor di Serasan, Natuna

Sebarkan artikel ini
tiba di lokasi bencana tanah longsor Pulau Serasan, Natuna
Gubernur Kepri, H. Ansar Ahmad bersama kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB RI Mayjen TNI Fajar Setyawan, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Yudi Yulistyanto dan Kapolda Kepri Irjen Pol. Tabana Bangun tiba di lokasi bencana tanah longsor Pulau Serasan, Natuna. (f/diskominfo)

KEPRI, Mjnews.id – Helikopter yang membawa rombongan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB RI Mayjen TNI Fajar Setyawan, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Yudi Yulistyanto dan Kapolda Kepri Irjen Pol. Tabana Bangun sampai di lokasi bencana tanah longsor Pulau Serasan, sekitar pukul 12.00 WIB, Rabu (8/3/2023).

Setelah mendarat, rombongan langsung menggelar rapat singkat di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Serasan yang juga merupakan salah satu posko tanggap darurat bencana, setelah itu rombongan meninjau ke lokasi longsor dan sejumlah pengungsian warga lainnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan dana sebesar Rp 1 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Natuna untuk membantu korban longsor. Adapun dari BNPB sendiri menyerahkan bantuan berupa 5 unit motor dan 1 unit mobil dapur.

“Kita mau semua bantuan yang masuk, baik berupa barang dan uang cepat didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di pengungsian, jangan ditumpuk,” kata kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto di lokasi bencana.

Dalam kesempatan ini rombongan juga meninjau lokasi terjadinya banjir bandang di Serasan. Adapun cuaca saat melakukan kunjungan masih dalam keadaan hujan.

Sebelumnya pada Senin (6/3/2023), terjadi bencana tanah longsor yang merenggut 10 nyawa dan 50 orang lainnya dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian di Desa Bangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna.

Gubernur Ansar yang sedang berada di Jakarta langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepri untuk segera mengirimkan bantuan logistik berupa makanan dan keperluan sehari-hari yang bersifat mendesak, Selasa 7 Maret 2023.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Bupati Natura, dan Bupati Natuna beserta perangkat daerahnya serta Basarnas sudah berangkat menuju lokasi kejadian dari ibukota di Ranai ke lokasi tanah longsor yang jarak tempuhnya sekitar 93 mil laut. Dan kita minta BPBD Kepri untuk segera mengirimkan bantuan logistik ke Natuna besok,” kata Ansar.

Hingga Senin malam, Ansar mengaku mendapatkan informasi 10 orang ditemukan meninggal dunia dan 50 lainnya masih belum ditemukan.

“Kita semua membantu dengan doa, semoga yang hilang dan diduga tertimbun tanah longsor bisa segera ditemukan dan bisa segera dievakuasi,” kata Gubernur Ansar, Senin (6/3/2023).

Ansar juga meminta agar masyarakat yang tinggal disekitar kejadian tetap waspada mengingat curah hujan masih cukup tinggi, sambil mendoakan tidak ada longsor susulan.

Pemerintah Provinsi Kepri melalui BPBD segera mengirimkan bantuan logistik sebanyak 200 paket yang dibutuhkan masyarakat. Adapun setiap paketnya berisikan mie instan 2 dus, sarden 5 kaleng, minyak goreng 5 kilogram, gula 2 kilogram, teh 2 kotak, Susu bubuk 2 kotak, peralatan mandi 1 paket, peralatan makan 1 paket dan peralatan masak 1 paket.

(*/isb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600