KesehatanParlemen

Dinkes DKI Sebut Satu Anak Meninggal karena Gangguan Ginjal Akut, Ini Kata Anggota Komisi IX DPR

114
×

Dinkes DKI Sebut Satu Anak Meninggal karena Gangguan Ginjal Akut, Ini Kata Anggota Komisi IX DPR

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ix Dpr Ri, Nurhadi
Anggota Komisi IX DPR RI, Nurhadi. (f/dpr)

JAKARTA, Mjnews.id – Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebut ada satu anak meninggal dunia dan satu anak lainnya masih dirawat karena gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) di wilayah Jakarta Timur

Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi meminta agar semua pihak harus waspada dan mengantisipasi hal ini. Pasalnya, kasus gagal ginjal akut menimpa anak-anak masih menjadi PR besar bersama.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Kemunculan kembali korban gagal ginjal akut pada anak menunjukkan kepada kita bahwa kasus ini belum selesai diatasi dan diantisipasi oleh pemerintah,” katanya, Senin 6 Februari 2023.

Kejadian di Jakarta ini, menurut politikus NasDem ini, harus menjadi telaah dan pelajaran yang berharga bagi pemerintah terutama Kementerian Kesehatan dan BPOM apakah penyebab utama kasus ini sama seperti yang dahulu yaitu karena obat sirup anak yang terdeteksi mengandung tiga zat kimia berbahaya yakni ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE).

“Pemerintah harus segera mengambil langkah yang cepat untuk mengumumkan kepada publik mengenai penyebab kasus gagal ginjal akut yang kembali terjadi dan memberikan himbauan mengenai larangan-larangan yang harus dilakukan oleh orang tua agar anaknya tidak menjadi korban gagal ginjal akut,” tegas legislator dapil Jatim VII ini.

(*/eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT