Pesisir BaratLampungOlahragaWisata

Diikuti 294 Peselancar dari 14 Negara, Gubernur Lampung Buka World Surf League Krui Pro QS 5000 2023

203
×

Diikuti 294 Peselancar dari 14 Negara, Gubernur Lampung Buka World Surf League Krui Pro QS 5000 2023

Sebarkan artikel ini
Gubernur Lampung Buka World Surf League Krui Pro Qs 5000 2023
Gubernur Lampung Buka World Surf League Krui Pro QS 5000 2023. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat kembali menggelar event bergengsi kelas dunia World Surf League (WSL) QS 5000 Krui Pro tahun 2023. Event ini adalah program rutin yang diselenggarakan setiap tahun mendongrak sistem pembangunan ekonomi masyarakat, serta ajang promosi potensi destinasi wisata.

Kegiatan berlangsung di Pantai Pekon Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, dihadiri langsung Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri, staf ahli manajemen bidang krisis Padjar Utomo selaku perwakilan Kementerian Pariwisata, dan Kapolda Lampung, Irjen Helmy Santika, Anggota DPR RI Mukhlis Basri dan masyarakat setempat, Senin (12/6/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Event WSL Krui Pro QS 5000 Tahun 2023 dimeriahkan oleh 294 peselancar yang berasal dari 14 Negara dengan 33 Official. Dari jumlah keseluruhan peserta sebanyak 294 tersebut terdiri dari empat divisi, yaitu Men’s QS 5000 sebanyak 120 peserta, Women’s QS 5000 sebanyak 75 peserta, Men’s Junior Pro sebanyak 55 peserta, dan Women’s Junior Pro sebanyak 44 peserta.

Ketua pelaksana sekaligus Plt Sekda, Jon Edwar dalam sambutannya diawali dengan pantun “Arinal Djunaidi Gubernur Lampung. Agus Istiqlal Bupati kami. Wsl Krui Pro Mohon didukung. Untuk memajukan, Daerah kami”. singkat Jon Edwar.

Jon Edwar melanjutkan bahwasanya secara geografis Pesisir Barat mempunyai garis pantai sepanjang 2010 Km² berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, mempunyai ombak ke-10 nominasi terpopuler terbaik dunia sehingga menjadi rujukan bagi penghobi olahraga pesencar.

Sementara Ketua PSOI, Pandu Syahrir menyampaikan, pada hari ini sebanyak 14 negara yang berkunjung ke Pesisir Barat, untuk ikut berpartisipasi dalam event WSL Krui Pro QS 5000. Hal ini tetunya tidak lepas dari dukungan semua pihak. Kami berharap even tahun depan dapat tertata lebih baik lagi daripada tahun ini,” pungkasnya.

Sementara Bupati Agus Istiqlal mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, serta mengajak Pememerintah Provinsi dan Pusat untuk bergotongroyong terselenggaranya event karena Pesisir Barat merupa garda terdepan untuk memajukan Provinsi Lampung. “Pada tahun 2023 ini, di Indonesia hanya terdapat di Pesisir Barat yang menyelenggarakan event berkelas Internasional,” ujar Bupati.

Ketua PDI Perjuangan Bidang Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri, mengatakan, event WSL Krui Pro salah satu kegiatan yang mengantarkan Indonesia ke mata dunia karena kualitas ombaknya tidak terdapat di daerah lain, sungguh ini merupakan anugerah Allah SWT yang sangat luar biasa. “Pada perhelatan Krui Pro tahun lalu, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, dampak ekonomi positif dari kegiatan Krui Pro mencapai Rp4 miliar lebih,” jelasnya.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi nyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat atas terlaksananya kegiatan lomba selancar bertaraf Internasional tersebut. Ia meminta agar masyarakat terus menjaga dan mempertahankan keamanan di wilayah Bumi Para Saibatin dan Para Ulama sebagi daerah yang sangat aman.

Pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperjuangkan Bandara Muhammad Taufik Kiemas bisa berfungsi bertaraf Internasional.

Pembukaan WSL ditandai dengan pemukulan “Cetik” oleh Gubernur Lampung didampingi Bupati-Wakil Bupati Pesibar, Ketua DPRD Pesibar, Ketua TP-PKK, Ketua I TP-PKK Pesibar, dan seluruh tamu kehormatan.

(Azr)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT