Nasional

Media Harus Obyektif dan Sejuk Beritakan Pemilu 2024

137
×

Media Harus Obyektif dan Sejuk Beritakan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (Dpp Pwri), Dr. Suriyanto Pd
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPP PWRI), Dr. Suriyanto PD. (f/ist)

Jakarta, MJNews.id – Memasuki tahun politik dan pesta demokrasi tahun 2024, media diharapkan dapat memberitakan secara obyektif dan sejuk,serta edukatif, sehingga bisa menjadi referensi bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi seputar politik.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPP PWRI), Dr. Suriyanto PD, SH, MH, M.Kn, melalui keterangannya di Jakarta, Minggu (12/2/2023).

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Media, kata Suriyanto, harus bisa menjadi ruang literasi bagi masyarakat seputar politik, sesuai fungsi pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

“Media harus bisa obyektif, analisis, dan berpegang teguh pada idealisme dan kode etik jurnalistik. Jangan terjebak dalam polarisasi, dan harus mampu mendorong terciptanya pemilu yang jujur dan adil,” kata Suriyanto.

Suriyanto mengungkapkan, media harus menyajikan informasi-informasi yang berisi nilai-nilai positif dan optimisme.

“Tugas media memberdayakan masyarakat, awak media atau wartawan harus bisa menghasilkan sebuah karya yang mengedukasi pembacanya, dan membangun optimisme,” terangnya.

Dosen cyber crime di salah satu perguruan tinggi di Jakarta ini menambahkan, di tengah banjir informasi melalui media sosial, media harus mampu menjadi penangkal dari informasi liar di medsos. Media merupakan benteng terakhir yang harus menyajikan informasi akurat dan bermanfaat, terkait Pemilu.

“Media ini harus mampu menghasilkan karya yang memberikan pemahaman dalam meningkatkan partisipasi publik untuk menyukseskan Pemilu 2024,” tutupnya.

(fik)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT