banner pemkab muba
Nasional

Sulawesi Tengah Diguncang Gempa dengan Kekuatan M5,0

174
×

Sulawesi Tengah Diguncang Gempa dengan Kekuatan M5,0

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi gempa.

MJNEWS.ID – Wilayah Laut Banda, Sulawesi Tengah pada Rabu 18 Juli 2023 sekitar pukul 17:47 WIB diguncang Gempa Tektonik dengan kekuatan Magnitudo (M)5,0.

Berdasarkan informasi dari BMKG hasil analisis menunjukkan Gempa Bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo (M)5,1.

BMKG menyatakan episenter Gempa Bumi ini terletak di koordinat 2,4 Lintang Selatan, 122,69 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 Kilometer arah Timur Laut.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan jenis dan mekanisme Gempa Bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya.

“Gempa Bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sula,” kata Daryono dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu 18 Juli 2023.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa Gempa Bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike slip),” sambungnya.

Menurut BMKG dampak dari Gempa Bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bahodopi dan daerah Bungku dengan skala intensitas III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah, Terasa getaran seakan-akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa Gempa Bumi ini tidak berpotensi tsunami,” Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600