banner pemkab muba
Nasional

Gabriel Goa Dukung Pembentukan Papua Timur Sebagai Provinsi Green Energi Dunia

165
×

Gabriel Goa Dukung Pembentukan Papua Timur Sebagai Provinsi Green Energi Dunia

Sebarkan artikel ini
Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang, Gabriel Goa
Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang, Gabriel Goa. (f/ist)

Mjnews.id – Staf Khusus Bupati Pegunungan Bintang, Gabriel Goa mengumumkan dukungannya terhadap usulan pembentukan Provinsi Papua Timur.

Menurut Gabriel usulan pembentukan Provinsi Papua Timur itu, sebagai langkah strategis dalam mempromosikan investasi, konservasi lingkungan, dan pertahanan nasional.

Gabriel mengatakan, Pegunungan Bintang, yang meliputi daerah otonomi baru, memiliki potensi besar dalam hal pengembangan ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Staf khusus Bupati ini mengungkapkan bahwa Pegunungan Bintang adalah wilayah yang sangat luas, melebihi 5 kali ukuran Pulau Bali.

“Ini menciptakan peluang luar biasa untuk promosi investasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Pembentukan Provinsi Papua Timur, yang memiliki perbatasan langsung dengan Papua Nugini, wilayah ini akan menjadi strategis dalam konteks pertahanan nasional,” kata Gabriel pada awak media, di Jakarta, Jumat 10 November 2023.

Salah satu aspek penting dari usulan ini adalah potensi Pegunungan Bintang sebagai sumber energi hijau. Gabriel menjelaskan, wilayah ini dikenal memiliki sumber air yang melimpah, yang dapat digunakan untuk energi terbarukan.

“Hutan tropis yang masih lestari di daerah ini merupakan aset berharga dalam upaya pelestarian lingkungan. Investasi di bidang karbon menjadi salah satu daya tarik utama, mengingat pentingnya mengurangi emisi karbon di dunia,” tandasnya.

Lebih dari itu, Pembentukan Provinsi Papua Timur juga memiliki dampak positif terhadap aspek budaya dan pendidikan. Ia menilai Wilayah ini adalah rumah bagi beragam budaya dan memiliki universitas yang mendukung pengembangan sumber daya manusia asli.

“Jni akan membantu melestarikan budaya daerah dan memberikan kesempatan pendidikan yang lebih baik bagi penduduk asli,” ujarnya.

Pengumuman ini menyoroti pentingnya Pegunungan Bintang dalam konteks pertumbuhan ekonomi, konservasi lingkungan, pertahanan nasional, dan aspek budaya.

Gabriel mengharapkan bahwa langkah-langkah selanjutnya akan mendukung pembentukan Provinsi Papua Timur dan membuka peluang investasi yang menjanjikan, sambil menjaga kelestarian alam di Papua Pegunungan Bintang.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600