banner pemkab muba
ParlemenBawaslu

Bawaslu agar Proaktif Awasi Netralitas ASN

134
×

Bawaslu agar Proaktif Awasi Netralitas ASN

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ii Dpr Ri, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengatakan Netralitas  Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi perhatian publik menjelang Pemilu.

“Berbagai pelanggaran berpotensi terjadi kapan saja. Sehingga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) semestinya meningkatkan kinerjanya dalam mengawasi masalah netralitas ASN ini,” kata Guspard, Rabu (14/11/2023).

Menurutnya, Kepala daerah dalam pencalonannya didukung oleh partai politik (parpol). Setelah menjabat bisa saja ada di antara mereka yang meminta ASN untuk mendukung parpol pendukungnya. Atau oknum-oknum ASN mungkin memanfaatkan situasi agar dapat promosi jabatan dari kepala daerah yang bersangkutan. 

Makanya, peran Bawaslu sebagai pengawas pemilu dalam memantau, menyelidiki dan menegur jika ada indikasi pelanggran sangat penting sekali. “Kapan perlu, menindak sesuai aturan hukum yang berlaku. Supaya, timbul efek jera,” ujar Politisi PAN ini.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 itupun menegaskan sudah sangat jelas dalam tugas dan wewenangnya Bawaslu, salah satunya melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu.

“Artinya, dengan segala kewenangannya, Bawaslu sebenarnya punya landasan kuat untuk mengawal, bagaimana ASN itu bisa netral. Artinya, Bawaslu harus pro aktif mengawasi sikap dan tindakan dari ASN,” ulas Pak Gaus ini.

Bawaslu bisa melakukan koordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait. Seperti dengan Kemenpan RB, Kementerian Dalam Negeri dan kementerian lainnya serta lembaga terkait lainnya. 

Oleh karena itu, Bawaslu mesti melakukan tindakan preventif dan rajin mengimbau para ASN agar tegak lurus, sesuai aturan yang berlaku. Karena bagaimana pun, kalau ASN melakukan pelanggaran, ada undang-undang yang akan memberikan sanksi yakni Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. 

Langkah proaktif Bawaslu menyikapi ketidaknetralan ASN adalah sebuah keniscayaan. Apalagi jumlah ASN sangat besar dan merupakan tokoh di daerah tempat tinggal mereka.

“Hendaknya Bawaslu harus secara konsisten dan terus menerus menyuarakan tentang netralitas ASN ini secara berkesinambungan,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600