banner pemkab muba
Parlemen

Guspardi Gaus Ingatkan Pj Kepala Daerah Tetap Jaga Netralitas

122
×

Guspardi Gaus Ingatkan Pj Kepala Daerah Tetap Jaga Netralitas

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi Ii Dpr Ri Fraksi Pan, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus mengingatkan agar para Penjabat (Pj) Kepala Daerah di seluruh Indonesia senantiasa kukuh menjaga netralitasnya dalam menjalan amanah sebagai Pj kepala daerah dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Penjabat Kepala Daerah itu bukan dipilih langsung oleh rakyat tetapi ditunjuk oleh pemerintah untuk mengemban amanah menjalankan tugas sebagai pj kepala daerah di suatu wilayah tertentu yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memenuhi persyaratan,” ujar Guspardi dalam diskusi interaktif bersama salah satu stasiun Radio Nasional, dalam keterangannya yang diterima Kamis (02/11/2023).

“Pj kepala daerah di seluruh tingkatan mulai gubernur, bupati, hingga wali kota juga mesti menjalankan arahan Presiden Jokowi untuk memberikan dukungan kepada penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu demi kelancaran penyelenggaraan pemilu 2024,” ujar Politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat ini mengingatkan agar Pj kepala daerah mempedomani instruksi yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat menerima Pj kepala daerah di istana negara pada 30 Oktober 2023. Di mana salah satu yang menjadi perhatian Jokowi adalah bagaimana Pj Kepala daerah bersikap netral. Bahkan Jokowi mengatakan yang berpihak atau miring-miring akan dicopot.

Bagaimanapun, segala langkah yang dilakukan Pj Kepala daerah dalam menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 tentunya akan mendapat sorotan dari masyarakat.

“Artinya Pj kepala daerah yang jumlahnya sampai saat ini mencapai 197 orang di seluruh Indonesia harus memastikan agar netralitas ASN ini bisa tetap di kawal dan terjaga,” tutur Pak Gaus ini.

Oleh Karena itu, Pj Kepala daerah mesti memastikan agar para ASN untuk bersikap netral dan profesional dalam menyongsong pelaksanaan pemilu 2024. “Juga tetap menjaga suasana kondusif menjelang Pemilu,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600