ADVERTISEMENT
Parlemen

Ketua DPD RI Ajak Perguruan Tinggi di Jatim Kolaborasi Bangun Sumber Daya Manusia

61
×

Ketua DPD RI Ajak Perguruan Tinggi di Jatim Kolaborasi Bangun Sumber Daya Manusia

Sebarkan artikel ini
Ketua Dpd Ri, Aa Lanyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (f/dpd)

Mjnews.id – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengajak lembaga pendidikan tinggi di Jawa Timur berkolaborasi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas.

LaNyalla menekankan peran strategis perguruan tinggi dalam mencetak SDM dan menilai bahwa pengembangan SDM harus berbasis riset.

ADVERTISEMENT
Scroll ke bawah untuk lihat konten

“Lembaga pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencetak SDM. Perguruan tinggi identik sebagai lembaga riset. Kampus memiliki dosen dan tenaga peneliti yang besar. Kekuatan inilah yang dapat menjadi titik balik peningkatan SDM. Artinya, pengembangan SDM harus berbasis riset,” kata LaNyalla, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga  Soal Polemik Pasokan dan Harga Beras, Sultan Minta Bapanas Tidak Berbisnis

Perguruan tinggi, menurutnya, identik sebagai lembaga riset yang memiliki dosen dan tenaga peneliti yang besar. Kekuatan ini dapat menjadi kunci peningkatan SDM dan pengembangan daerah. LaNyalla menyoroti peran kampus yang harus mampu menjawab tantangan masa depan dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Dengan adanya lembaga pendidikan tinggi berkualitas di Jawa Timur, seperti Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Negeri Malang, LaNyalla melihat potensi besar untuk memanfaatkan hasil riset kampus-kampus tersebut dalam membangun SDM di daerah tersebut.

Baca Juga  Ketua DPD RI Kembali Jelaskan Sistem Bernegara Sesuai Rumusan Pendiri Bangsa, Kali Ini di Pulau Untung Jawa

LaNyalla mengajak seluruh kampus untuk bersama-sama berkolaborasi dalam membangun SDM Jatim. Menurutnya, ini adalah momentum bagi insan perguruan tinggi untuk menjadi motor penggerak pembangunan SDM di Jawa Timur.

“Kolaborasi ini diharapkan dapat membuat langkah dan gerak yang seirama antara kampus, pemerintah, dan stakeholder terkait dalam membangun dan mengembangkan SDM sesuai potensi Jawa Timur,” pungkasnya.

Kami Hadir di Google News