Kepulauan RiauPendidikan

Bupati Roby Kurniawan jadi Irup Sempena Hardiknas di Pulau Terluar Bintan

196
×

Bupati Roby Kurniawan jadi Irup Sempena Hardiknas di Pulau Terluar Bintan

Sebarkan artikel ini
Bupati Roby Kurniawan Foto Bersama Usai Sempena Hardiknas 2023 Di Kecamatan Tambelan
Bupati Roby Kurniawan foto bersama usai Sempena Hardiknas 2023 di Kecamatan Tambelan, Pulau Terluar Bintan

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Bintan bersama FKPD dan OPD mengadakan upacara bendera dalam rangka Hardiknas yang dipusatkan di Kecamatan Tambelan, Selasa 2 Mei 2023.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 yang diikuti pegawai di lingkungan kecamatan, guru-guru dan anak didik Sekolah Dasar, SMP, serta SMA Negeri 1, Lurah, kades serta ormas dan tokoh masyarakat yang dipusatkan di Pelabuhan Roro Kecamatan Tambelan.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bupati Bintan dalam membacakan amanat Menteri Pendidikan berharap semakin dekat dengan cita-cita Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Sebagai seorang manusia, dan sebagai anggota masyarakat, anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran kita lebih baik secara mekanisme oleh gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah yang kesulitan memenuhi rekor kualitas pendidikannya, sekarang dapat mengakses data nasional, platform-platform pendidikan, untuk melakukan perbaikan kualitas pelayanan pendidikan.

Para guru sekarang rela untuk membagi perbaikan dengan hadirnya platform merdeka mengajar. Selain itu, guru yang membagikan aturan yang kaku, sekarang dapat lebih berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Dan dengan kurikulum merdeka, dapat meningkatkan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi mentrikum, sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan penormalan, melanjutkan perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang hanya belajar teori di dalam kelas sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dalam pengalaman diluar kampus, dengan hadirnya program-program kampus merdeka.

Dan sedikit tunjangan, pencairan langsung dana bantuan operasional sekolah atau BOS dan bantuan operasional pendidikan atau BOP, sekolah dan pemanfaatan nya yang lebih fleksibel selalu memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Dengan perluasan progam beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Selain itu, mekanisme dana beasiswa nya yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan inspiratif, para seniman dan pelaku budaya sehingga dapat menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan.

Di akhir sambutannya, Roby juga mengajak, mari kita ingat bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan merdeka belajar, transformasi yang pasif ini sudah sepatutnya dibayarkan dengan penuh syukur dan juga semarak, karena semuanya adalah hasil kerja keras dan kerja sama kita.

Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali semua tantangan yang sudah dihadapi.

(isb)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT