PLN

Tujuh Posko Siaga PLN di Palembang Siap Layani Arus Balik Lebaran

219
×

Tujuh Posko Siaga PLN di Palembang Siap Layani Arus Balik Lebaran

Sebarkan artikel ini
Posko Siaga PLN di Palembang
Posko Siaga PLN di Palembang. (f/pln)

Mjnews.id – Tujuh titik posko siaga mudik PT PLN (Persero) di wilayah Palembang dan sekitarnya terus melayani para pemudik di periode arus balik lebaran. Tujuh posko mudik ini terus beroperasi hingga 30 April 2023 di titik-titik lokasi strategis.

Luthfi, salah seorang pemudik yang singgah di posko siaga PLN mengaku terbantu dengan fasilitas yang disediakan oleh PLN.

“Karena jalanan arus balik mulai padat, saya mencatat beberapa lokasi singgah untuk beristirahat. Alhamdulillah di posko siaga PLN ini bisa duduk melepas lelah sejenak sambil mengecas handphone,” ujar Luthfi, Jumat 28 April 2023.

Tak hanya untuk beristirahat, Luthfi menyebut di posko siaga PLN terdapat fasilitas yang dapat digunakan pemudik yakni pengisian daya listrik untuk handphone, kursi santai, air mineral maupun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi pengguna mobil listrik. 

“Di tol Palembang-Prabu saya lihat juga ada stasiun isi daya kendaraan listrik untuk mendukung kenyamanan pengguna mobil listrik,” kata Luthfi.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memastikan keberadaan posko siaga PLN maupun SPKLU di sepanjang jalur mudik siap melayani dan memudahkan perjalanan masyarakat selama periode mudik dan arus balik lebaran 2023. Darmawan berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan PLN hingga arus balik lebaran selesai.

“Kami siap mendukung pemudik tetap nyaman saat mudik maupun arus lebaran. Ada sekitar 2000an posko siaga dan juga SPKLU yang siap untuk melayani pengguna mobil listrik saat mudik dan arus balik,” ujar Darmawan.

Darmawan juga merinci, untuk memastikan kelancaran mudik maupun arus balik lebaran, PLN telah menyiapkan sebanyak 616 SPKLU di 284 lokasi tersebar untuk melayani masyarakat.

“Semoga dengan tersedianya SPKLU di jalur-jalur mudik ini dapat membuat masyarakat merasa aman dan nyaman sehingga tidak perlu takut kehabisan daya ketika perjalanan,” kata Darmawan.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu (UID S2JB), Amris Adnan menyampaikan tujuh posko PLN siaga untuk memudahkan masyarakat yang mudik dan balik melintas lewat Kota Palembang. Posko siaga PLN di antaranya di SPKLU Rivai di Demang Lebar Daun, Kantor PLN Pangkalan Balai di jalan lintas Palembang-Betung, Posko PLN Sekayu di jalur lintas utama mudik Palembang-Jambi.

“Serta empat posko gabungan bersama Polri dan unsur Pemerintahan lainnya yang berada di Simpang 5, Kalidoni, Bundaran dan Tol Keramasan. Kami juga menyediakan pengisian daya HP bagi pemudik, kursi santai ataupun air mineral,” katanya.

Selain posko siaga, kata Amris, PLN juga telah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) Mobile yang disediakan di ruas tol fungsional Inderalaya – Prabumulih. Dia mengungkapkan, sudah ada 8 titik SPKLU di wilayah Kota Palembang dan sekitarnya yang bisa digunakan masyarakat.

“Untuk wilayah kerja Sumatera Selatan, sudah ada 8 titik SPKLU pada lokasi strategis yang dapat dicek map-nya melalui aplikasi PLN Mobile. PLN Ogan Ilir menyediakan SPKLU Mobile di ruas tol Palembang Prabumulih untuk mengakomodir kebutuhan pengguna mobil listrik dalam arus balik hari raya,” kata Amris.

Amris juga berharap, selama momentum mudik dan hari raya ini, masyarakat senantiasa melakukan pengamanan listrik di rumah serta memberikan laporan kepada pihak PLN jika terjadi anomali kondisi kelistrikan yang membahayakan.

“Kami mohon kerja sama masyarakat, jika ada kondisi kelistrikan yang berbahaya, baik itu pohon yang mengganggu jaringan atau padam di rumah saat tetangga lain menyala, agar dapat dilaporkan kepada kami melalui PLN Mobile,” pungkas Amris.

(pln)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600