Politik

Anas Urbaningrum: Bung Hatta Sosok yang Teguh terhadap Demokrasi

157
×

Anas Urbaningrum: Bung Hatta Sosok yang Teguh terhadap Demokrasi

Sebarkan artikel ini
IMG 20230418 003451 resize 26

Mjnews.id – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyatakan Wakil Presiden RI pertama Mohammad Hatta (Bung Hatta) merupakan sosok yang teguh terhadap demokrasi di Indonesia.

“Bung Hatta merupakan sosok yang konsen terhadap nilai-nilai dan pronsip demokrasi, termasuk beliau berwasiat, tidak mau dimakamkan di taman makam pahlawan, meskipun beliau super sangat layak sekali,” katanya di Jakarta, Senin (17/04/2023).

Hal itu disampaikan Anas usai menziarahi makam Bung Hatta di Kompleks Tempat Pemakamam Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Menurut Anas, Bung Hatta ingin memberikan pesan, bahwa demokrasi yang utama adalah rakyat. Di akhir hayatnya, Bung Hatta ingin dibaringkan bersama rakyat biasa.

“Bukan tempatnya, tetapi pesan dasarnya, yang harus menjadi bagian untuk membangun demokrasi,” katanya menegaskan.

Selain itu kata dia, Bung Hatta bersama Soekarno (Bung Karno) merupakan pendiri Republik Indonesia, sekaligus simbol penting. Mereka dipercaya atas nama bangsa Indonesia saat memproklamasikan kemerdekaan RI.

“Wajib bagi kita untuk hormat dan mengenang sejarah itu dan menghidupkan kembali sejarah itu,” harapnya.

Meskipun mereka telah tiada kata Anas, tetapi berkat jasa para pahlawan, khususnya mereka berdua, Indonesia bisa terbentuk saat ini.

“Tugas generasi muda untuk melanjutkan semangat perjuangan mereka,” pesannya.

Anas Urbaningrum merupakan terpidana korupsi kasus Hambalang yang telah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Sukamiskin, Bandung pada Selasa, 11 April 2023.

(eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600