banner pemkab muba
Politik

Jadi Calon Presiden Terpopuler, Ganjar-Prabowo Bersaing Sengit

254
×

Jadi Calon Presiden Terpopuler, Ganjar-Prabowo Bersaing Sengit

Sebarkan artikel ini
Screenshot 2023 05 10 10 07 34 71 Resize 81

Mjnews.id – Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menjadi tokoh politik paling populer dibicarakan warganet di Twitter sepanjang April 2023.

Sebagai calon presiden yang berpotensi maju dalam Pemilu 2024, kedua tokoh ini pun secara langsung terlibat persaingan ketat dalam memperebutkan dukungan dalam percakapan populer warganet di media sosial.

Penelitian Respublica Institute mencatat Ganjar dan Prabowo unggul dalam memproduksi kata kunci/tagar dan waktu trending topic dibanding tokoh-tokoh politiknya lainnya. Percakapan tentang Ganjar Pranowo (37%) menghasilkan 36 kata kunci/tagar. Sementara Prabowo Subianto (35 %) memproduksi 34 kata kunci/tagar.

Namun keunggulan Ganjar antas Prabowo ini tak bersifat mutlak. Prabowo memiliki keunggulan dalam memproduksi waktu trending topic percakapan warganet dibandingkan dengan Ganjar. Tercatat Prabowo menghasilkan waktu trending topic selama 131 jam, sedangkan Ganjar hanya memproduksi waktu trending topic selama 109 jam.

Penelitian Respublica Institute menemukan baik Ganjar maupun Prabowo pun secara bergantian saling mengungguli sepanjang April 2023. Prabowo unggul pada minggu ke-1 dan ke-2 April 2023 dengan 22 tagar/kata kunci dan waktu trending topic mencapai 102 jam. Sementara Ganjar unggul pada minggu ke-3 dan ke-4 dengan 27 kata kunci/tagar dan waktu trending topic mencapai 83 jam.

Persaingan Ganjar dan Prabowo juga semakin sengit karena sebagian dari kata kunci/tagar yang diproduksi muncul pada waktu bersamaan.

Penelitian Respublica Institute mencatat selama 25 hari kemunculan kata kunci/tagar, 10 hari di antaranya kata kunci/tagar Ganjar dan Prabowo muncul bersamaan. Secara keseluruhan terdapat 31 kata kunci/tagar yang muncul secara bersama-sama dengan waktu trending topic selama 77 jam.

Dalam rentang waktu 10 hari ini, terdapat 3 hari yang memperlihatkan kemunculan lebih dari satu kata kunci dari masing-masing tokoh. Tanggal 13 April 2023 menjadi yang tertinggi karena baik Ganjar dan Prabowo menghasilkan 2 dan 4 kata kunci/tagar yang muncul secara bersama-sama.

Selain itu pada 17 dan 18 April 2023, percakapan tentang Ganjar menghasilkan 1 kata kunci/tagar, sementara Prabowo menghasilkan 3 kata kunci/tagar.

Penelitian Respublica Institute juga menemukan kata kunci/tagar yang berasal dari percakapan tentang Ganjar memiliki peringkat trending topic yang lebih unggul dari Prabowo. Secara keseluruhan, kata kunci/tagar yang dihasilkan dari percakapan tentang Ganjar duduk di peringkat ke-3, sementara Prabowo duduk di peringkat ke-6. Ganjar juga tercatat unggul dalam 8 hari, sementara Prabowo hanya 2 hari.

Sebaliknya, dari sisi waktu trending topic, Prabowo lebih unggul daripada Ganjar. Secara keseluruhan, percakapan tentang Prabowo menghasilkan waktu trending topic selama 52,5 jam, sementara Ganjar hanya 24,5 jam. Prabowo juga unggul karena dominan selama 7 hari, sementara Ganjar hanya 3 hari.

Selain itu, penelitian Respublica Institute juga mencatat persaingan kata kunci/tagar Ganjar dan Prabowo ini berhadap-hadapan secara langsung (head to head). Artinya kata kunci/tagar dari kedua tokoh ini muncul pada pukul yang sama. Dalam 7 hari, terdapat 25 kata kunci/tagar yang berhadap-hadapan langsung dan memiliki waktu trending topic selama 88,5 jam.

Percakapan tentang Prabowo unggul dengan 14 kata kunci dengan waktu trending topic selama 54,5 jam. Sementara percakapan tentang Ganjar hanya menghasilkan waktu trending topic selama 34 jam. Namun, dari sisi rata-rata peringkat, Ganjar memiliki unggul karena tagar/kata kunci berada di peringkat 4,3, sementara Prabowo duduk di peringkat 6,2.

Penelitian Respublica juga menemukan kemunculan kata kunci/tagar pada pukul yang sama memiliki frekuensi yang cukup tinggi. Secara keseluruhan, terdapat 35 kali frekuensi pertemuan kata kunci/tagar dari percakapan Ganjar dan Prabowo. Setidaknya terdapat 3 hari yang memperlihatkan pertemuan kata kunci dengan frekuensi tinggi.

Frekuensi ini menjadi penanda terjadinya persaingan sengit antara Ganjar dan Prabowo. Frekuensi pertemuan kata kunci/tagar tertinggi terjadi pada 13 April, sebanyak 12 kali. Selain itu, hari lain yang menunjukkan frekuensi tinggi pertemuan kata kunci/tagar Ganjar dan Prabowo adalah 12 April 2023 (9 kali), dan 14 April 2023 (6 kali).

Bila dikomparasikan dengan produksi tagar/kata kunci, maka terdapat 2 hari dimana terjadi produksi kata kunci/tagar yang tinggi. Tanggal 12 dan 21 April 2023 menjadi yang tertinggi dengan total produksi 5 kata kunci. Pada 12 April 2023, Prabowo lebih unggul dengan 4 kata kunci/tagar berbanding 1 kata kunci/tagar milik Ganjar. Namun pada 21 April 2023, situasinya berbalik dengan keunggulan Ganjar (4 kata kunci/tagar) dibanding Prabowo (1 kata kunci/tagar).

Temuan menarik penelitian ini memperlihatkan Prabowo menghasilkan lebih banyak kata kunci/tagar dan waktu trending topic. Meskipun begitu secara peringkat harian trending topic Ganjar jauh lebih tinggi. Rata-rata peringkat hari Ganjar adalah 4,3, sementara Prabowo 7,4. Ganjar juga unggul selama 6 hari, sementara Prabowo hanya unggul selama 1 hari. Peringkat tertinggi Ganjar adalah 1,5 (21 April 2023), sementara Prabowo adalah 5,2 (12 April 2023).

“Kecenderungan ini memperlihatkan perbedaan karakteristik percakapan yang diproduksi Ganjar dan Prabowo. Percakapan Ganjar mengandalkan produksi kata kunci/tagar yang sporadis tetapi mendapatkan perhatian besar warganet. Sementara percakapan Prabowo menggunakan tagar/kata kunci yang terorganisir sehingga menghasilkan waktu trending topic yang lebih lama, kata kata peneliti Respublica Institute, Teguh V. Andrew di Jakarta, Rabu (10/5).

Menanggapi hasil penelitian terbaru Respublica Institute, Ketua Advokat Merdeka Pembela Rakyat (AMPERA), Muhammad Mualimin mengatakan popularitas Ganjar dan Prabowo di kalangan warganet bukan tanpa celah. Menurutnya, baik Ganjar maupun Prabowo harus mencari argumentasi yang logis karena pernah menghadapi tuduhan hukum di masa lalu.

“Ganjar dan Prabowo walau keduanya tidak pernah diadili atau tidak pernah dinyatakan bersalah dalam kasus di atas, tetap saja akan kerepotan jika isu itu nanti dihembuskan pada masa kampanye. Mulai dari sekarang, tim kampanye Ganjar dan Prabowo sudah harus bersiap menghadapi serangan politik paling mematikan yang akan meluncur pada awal 2024”, ujar Mualimin.

Penelitian Respublica Institute sepanjang 1-30 April 2023 terhadap seluruh tagar dan kata kunci yang berasosiasi dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo. Secara keseluruhan ditemukan 70 kata kunci/tagar dan waktu trending topic selama 240 jam. Seluruh data kata kunci/tagar ini diakses dari laman laman twitter-trending.com, diobservasi secara manual, dan ditelaah dengan metode konten analisis.

(*/eki)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600