Politik

Guspardi Gaus: PAN Konsisten Dukung Erick Tohir jadi Cawapres Prabowo

178
×

Guspardi Gaus: PAN Konsisten Dukung Erick Tohir jadi Cawapres Prabowo

Sebarkan artikel ini
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Guspardi Gaus. (f/st)

Mjnews.id – Ridwan Kamil baru saja usai mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, kini tengah dikaitkan dengan sejumlah nama capres untuk mendampingi sebagai cawapres. Nama Ridwan Kamil juga dikaitkan dengan capres Prabowo Subianto yang diusung oleh partai berlambang pohon beringin tersebut.

Politisi partai Amanat Nasional, Guspardi Gaus justru mengutip pernyataan salah satu ketua DPP Golkar yang membantah kabar tersebut dan mengatakan belum ada nama lain yang diusulkan Golkar selain ketua umumnya Pak Airlagga Hartarto.

Menurutnya, poros pendukung Prabowo saat ini disokong Gerindra, Golkar, PAN. Juga ada parpol non parlemen seperti PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda. Jadi, persoalan cawapres ini tentunya harus dibicarakan dengan Prabowo, dan lintas partai yang mendukung Prabowo, ucap Guspardi, Kamis (7/9/2023).

Namun begitu, anggota Komisi II DPR RI tersebut menegaskan bahwa sejak awal PAN sudah mendukung sepenuhnya Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo. Apalagi selaras dengan dinamika politik yang ada, setelah Muhamin Iskandar (Cak Imin) keluar dari Koalisi dan bermanuver kepada Anies Baswedan, peluang Erick Thohir menjadi cawapres Prabowo semakin menguat.

“Alasan rasional mendukung Menteri BUMN ini, karena Erick Tohir adalah tokoh nasional yang tergolong lengkap portofolio pengalamannya. Dia tokoh pengusaha, politik, media, olahraga, ekonomi syariah dan pejabat Negara,” ujarnya

Lebih lanjut, legislator asal Sumatera Barat itupun mengatakan, jika berpatokan dari beberapa hasil survey, nama Erick Thohir sendiri menjadi kandidat cawapres dengan elektabilitas tertinggi dibanding kandidat lainnya untuk mendampingi Pak Prabowo.

Oleh karena Erick Tohir memiliki pengalaman yang begitu lengkap portofilonya dalam berbagai bidang dan survey juga menempatkan Erick di posisi teratas elektabilitasnya. Maka pasangan Prabowo-Erick Thohir dinilai paling tepat. Ada unsur militer-sipil, memahami bisnis dan keuangan dan paham geopolitik dan sistem pertahanan keamanan. Di samping itu, pasangan Erick Tohir dan Prabowo Subianto juga saling melengkapi sebagai representasi Jawa dan luar Jawa.

“Jadi, Kalau (Prabowo sama Erick) dua jalur ini berpasangan, Insyaallah menang dalam pilpres 2024 mendatang,” pungkas anggota Baleg DPR RI tersebut.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600