Kabupaten AgamKulinerSumatera BaratWisata

Kompetisi Gadih Marandang 2022, Ajang Promosi Wisata dan Ekonomi

202
×

Kompetisi Gadih Marandang 2022, Ajang Promosi Wisata dan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Kompetisi Gadih Marandang 2022
Pembukaan Kompetisi Gadih Marandang 2022. (f/amc)

Inisiasi Perempuan Maju Indonesia
Perempuan Maju Indonesia (PIM) DPD Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam berkolaborasi inisiasi terlaksananya Kompetisi Gadih Marandang 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria mengatakan kompetisi marandang ini merupakan event menyongsong tahun kunjungan pariwisata Sumbar 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Melalui kegiatan ini kami tumpangkan harapan untuk dapat membantu mempromosikan pariwisata Sumbar pada umumnya dan Kabupaten Agam khususnya,” ujar Syatria.

Menurutnya, peserta kompetisi yang berasal dari kabupaten dan kota se-Sumbar ini tidak hanya sekadar berkompetisi. Akan tetapi, ada nilai-nilai sosial budaya yang akan dipelajari.

Para peserta sebelum berkompetisi terlebih dahulu dilatih membuat rendang khas Danau Maninjau, yakni rendang pakis dan pensi. Rendang pakih dan pensi memiliki filosofi dan komposisi tersendiri.

“Kita berharap, cerita para peserta akan membawa cerita menarik ke daerah masing-masing, ini tentu akan berdampak besar bagi dunia pariwisata Sumatera Barat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PIM DPD Sumatera Barat, Emma Yohana mengatakan kegiatan Gadih Marandang merupakan program yang diusung untuk merawat tradisi marandang di Sumbar.

Ia menyebut, Kompetisi Gadih Marandang di Linggai Park merupakan kegiatan perdana. Pihaknya merencanakan event serupa juga dapat digelar di daerah lainnya.

“Jika hari ini kita marandang pakis dan pensi di Maninjau, tahun depan kita akan gelar lagi daerah lain, apakah itu rendang lokan, rendang talua dan lain-lain,” ujarnya.

Kompetisi Gadih Marandang diikuti peserta yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Sumbar. Masing-masing tim terdiri dari 5 pelajar tingkat SMA sederajat.

(amc/jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT