Kabupaten AgamSumatera Barat

Aparatur Pemkab Agam Bantu Bersihkan Material Longsor di Koto Malintang dan Tanjung Sani

199
×

Aparatur Pemkab Agam Bantu Bersihkan Material Longsor di Koto Malintang dan Tanjung Sani

Sebarkan artikel ini
Aparatur Pemkab Agam Bantu Bersihkan Material Longsor Di Koto Malintang Dan Tanjung Sani
Aparatur Pemkab Agam Bantu Bersihkan Material Longsor di Koto Malintang dan Tanjung Sani. (f/ist)

Mjnews.id – Masyarakat dan aparatur Pemerintah Kabupaten Agam bantu bersihkan material longsor dan pohon tumbang akibat musibah banjir dan longsor yang melanda 2 nagari di sekitar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Jumat (14/07/2023).

Berdasarkan informasi BPBD Agam, terdapat beberapa titik yang menjadi lokasi bencana yang terjadi di dua nagari yakni, Nagari Koto Malintang dan Nagari Tanjung Sani.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito merinci, Nagari Koto Malintang, Jorong Alai dan Muko-muko. Sedangkan, di Nagari Tanjung Sani musibah longsor dan pohon tumbang terjadi di Jorong Pandan, Sigiran, Sungai Tampang, Pantas, Batunanggai, dan Jorong Galapung.

Selanjutnya, Bambang mengatakan, dalam Operasi penanggulangan bencana (Pusdalops-PB) itu BPBD Agam bekerjasama dengan beberapa Dinas Perhubungan, SatPoll PP-Damkar, Camat Tanjung Raya, PMI, Walinagari, Walijorong dan juga masyarakat sekitar.

“Dari 2 nagari yang menjadi lokasi bencana, material longsor menutup akses jalan sebanyak 11 titik dan 2 unit rumah warga tertimpa material longsor,” sebutnya.

Selain itu, Bambang menyebutkan, penyebab dari musibah tersebut, disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung dari kemarin sore.

“Saat ini upaya yang dilakukan bersama dinas dan instansi terkait bersama masyarakat sekitar melakukan pembersihan jalan baik dengan mengunakan mesin excavator, gergaji listrik dan beberapa alat lainnya,” katanya.

Sampai saat berita ini diterbitkan, bencana longsor tersebut telah memakan korban jiwa sebanyak 2 pasangan suami istri yang merupakan warga Jorong Patas, Nagari Tanjung Sani, terjepit di dalam rumah.

(jef)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT